Messi Lewati Total Gol Pele, Tinggal Kejar Ronaldo

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 08 Des 2021 12:20 WIB
PSGs Lionel Messi celebrates after scoring his sides fourth goal during the Champions League Group A soccer match between PSG and Club Brugge at the Parc des Princes stadium in Paris, France, Tuesday, Dec. 7, 2021. (AP Photo/Christophe Ena)
Lionel Messi lewati rekor gol Pele (Christophe Ena/AP)
Paris -

Dua gol ke gawang Club Brugge membuat Lionel Messi melewati catatan gol Pele. Striker Argentina itu kini tinggal mengejar catatan gol Cristiano Ronaldo.

Paris Saint-Germain menjamu Club Brugge di Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB, pada matchday 6 Liga Champions. Les Parisiens menang 4-1.

PSG, yang sudah dipastikan lolos ke 16 besar, menang lewat dua gol Kylian Mbappe, serta dua gol Lionel Messi. Club Brugge cuma membalas sekali lewat Mats Rits.

Ada catatan spesial, khusus buat Messi. Dua gol ke gawang Club Brugge membuatnya melewati capaian gol Pele.

Dua gol itu mebuat Messi sudah mengumpulkan 758 gol sepanjang kariernya, total dari penampilannya di klub dan tim nasional. Jumlah itu melewati catatan Pele, yang mengumpulkan 757 gol sepanjang kariernya.

Rinciannya, Lionel Messi membuat 678 gol di Barcelona, 6 di Paris Saint-Germain, dan 80 gol di Timnas Argentina.

Musim ini, Messi sendiri baru bikin 6 gol untuk PSG, sejak meninggalkan Barcelona. Lima dari enam golnya ia cetak di Liga Champions.

Kini Messi tinggal mengejar rekor Ronaldo. CR7 tercatat sudah bikin 801 gol sepanjang kariernya, dan menjadi pemain dengan gol terbanyak yang tercatat resmi.

Terkait jumlah gol Pele, masih ada kontroversi perihal jumlah pastinya. Sebab, legenda hidup Brasil itu mengklaim sudah bikin 1.283 gol sepanjang kariernya.

Namun, hampir setengah golnya tercipta dari laga persahabatan tak resmi dan pertandingan tur. Ahasil, secara resmi Pele cuma tercatat bikin 757 gol dari 812 penampilan

(yna/mrp)