ADVERTISEMENT

Zenit Vs Chelsea: Tertahan 3-3, The Blues Gagal Jadi Juara Grup H

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 09 Des 2021 02:51 WIB
Zenit St. Petersburgs Russian midfielder Magomed Ozdoev celebrates after scoring their third goal during the UEFA Champions League group H football match between Zenit St. Petersburg and Chelsea at the Gazprom Arena stadium in Saint Petersburg on December 8, 2021. (Photo by Olga MALTSEVA / AFP)
Chelsea tertahan 3-3 oleh Zenit Saint Peterburg (Foto: AFP/OLGA MALTSEVA)
Saint Petersburg -

Chelsea tertahan 3-3 oleh Zenit Saint Petersburg pada matchday terakhir Grup H Liga Champions. The Blues harus merelakan status juara grup ke Juventus.

Zenit vs Chelsea berlangsung di Krestovsky Stadium, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB. Chelsea mampu unggul cepat lewat gol Timo Werner di menit ke-2.

Zenit kemudian bisa bangkit. Mereka bisa membalikkan keadaan berkat dua gol hanya dalam rentang tiga menit dari Cluadinho pada menit ke-38 dan Sardar Azmoun pada menit ke-41.

Pada babak kedua, Tim London Biru bisa menghadirkan gol penyama kedudukan dari Romelu Lukaku di menit ke-62. Pasukan Thomas Tuchel bisa unggul 3-2 setelah Werner mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-85.

Namun kemenangan Chelsea yang sudah di depan mata harus sirna di menit akhir. Magomed Ozdoev memaksakan hasil imbang 3-3 lewat golnya di menit ke-90+4.

Hasil ini membuat Chelsea gagal ke fase gugur dengan status juara Grup H. Mereka mengumpulkan 13 angka sama dan hanya duduk di posisi kedua.

Urutan teratas ditempati oleh Juventus yang di laga bersamaan menang 1-0 atas Malmo. Si Nyonya Tua meraih 15 poin.

Sementara, Zenit ke Liga Europa usai duduk di peringkat ketiga dengan lima angka. Malmo jadi juru kunci usai hanya mendapat satu angka.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung menekan di menit awal. Hasilnya tim tamu sudah mampu unggul ketika laga baru berjalan dua menit.

Gol!! Sepak pojok Ross Barkley bisa ditanduk Andreas Christensen yang berdiri di tiang dekat. Sundulan Christensen mengarah ke Timo Werner yang tak terkawal di depan gawang. Dengan satu sontekan, penyerang asal Jerman ini mencatatkan namanya di papan skor.

Chelsea's Timo Werner, third right, scores his side's opening goal during the Champions League group H soccer match between Zenit St. Petersburg and Chelsea at the Gazprom Arena in St.Petersburg, Russia, Wednesday, Dec. 8, 2021. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)(AP Photo/Dmitri Lovetsky) Foto: AP/Dmitri Lovetsky

Zenit perlahan bisa keluar menyerang setelah tertekan oleh Chelsea di awal laga. Claudinho mencoba peruntungan dari tendangan jarak jauh pada menit ke-19. Namun, usahanya ini masih melambung dari gawang Chelsea.

Pada menit ke-24, Malcom melaju sendirian ke kotak penalti usai menerima umpan terobosan dari Claudinho. Kepa Arrizabalaga tampil gemilang menyelamatkan gawang Chelsea dengan bisa memblok tembakan Malcom.

Duel berjalan menarik memasuki pertengahan babak pertama. Kedua tim sama-sama bermain menyerang.

Chelsea hampir menggandakan keunggulan di menit ke-33. Umpan silang Romelu Lukaku dari sisi kanan kotak penalti menemui Mason Mount di tiang jauh. Namun, sepakan Mount masih bisa diredam Mikhail Kerzhakov

Empat menit berselang justru Zenit yang bisa menyamakan kedudukan. Umpan silang Douglas Santos dari sisi menuju Claudinho di kotak penalti.

Gol!! Pergerakan Claudinho yang muncul dari belakang tak terdeteksi bek Chelsea. Sundulan pemain asal Brasil ini memperdayai Kepa. Kedudukan menjadi imbang 1-1 di menit ke-38.

Buruknya kordinasi lini pertahanan Chelsea kembali dieksploitasi Zenit. Serdar Azmoun terbebas dari perangkap offside menerima umpan terobosan dari Malcom.

Gol!! Azmoun mampu mengecoh Kepa terlebih dulu sebelum menceploskan bola ke gawang Chelsea. Zenit balik memimpin 2-1 di menit ke-41. Skor ini tak berubah hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda, Chelsea memburu gol penyama kedudukan. Saul Niguez coba mengancam di menit ke-54. Sepakan kerasnya dari sisi kiri kotak penalti tapi masih bisa ditepis Kerzhakov.

Usaha Chelsea menyetarakan angka akhirnya membuahkan hasil di menit ke-62. Kerja sama Barkley dan Werner membongkar lini pertahanan Zenit.

Gol!! Werner yang tinggal berhadapan dengan Kerzhakov menyodorkan bola ke Lukaku. Lukaku tanpa kesulitan berarti menceploskan bola ke gawang yang kosong. Skor berubah imbang 2-2.

Kepa menghindarkan Chelsea dari kebobolan di menit ke-70. Ia terbang menepis sundulan terukur Azmoun menyambut umpan dari Claudinho di sisi kanan.

Zenit dan Chelsea memburu gol kemenangan di sisa laga. Chelsea lebih efekti dalam memanfaatkan peluang.

Gol!! Kerja sama dua pemain pengganti Hakim Ziyech dan Christian Pulisic tak terbendung di depan kotak penalti Zenit. Pulisic lalu memberikan bola ke Werner. Mengecoh satu pemain, Werner melepas tembakan yang berbuah gol di menit ke-85.

Tuan rumah tak menyerah begitu saja. Di menit akhir laga, petaka hadir untuk Chelsea pada menit 90+4.

Gol!! Bola umpan silang yang dihalau Malang Sarr mengarah ke Magomed Ozdoev yang berdiri di depan kotak penalti. Ozdoev langsung melepas sepakan voli kencang. Derasnya bola tak kuasa dibendung Kepa.

Skor imbang 3-3 mengakhiri laga.

Susunan Pemain

Zenit: Mikhail Kerzhakov; Vyacheslav Karavaev, Dejan Lovren, Yaroslav Rakitskiy (Danil Krugovoy 65')z, Douglas Santos; Wilmar Barrios; Malcom (Magomed Ozdoev 79'), Daler Kuzyaev (Aleksandr Yerokhin 79'), Wendel (Andrey Mostovoy 51'), Claudinho; Sardar Azmoun (Artem Dzyuba 79').

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Malang Sarr; Reece James, Ross Barkley (Hakim Ziyech 65'), Saul Niguez (Marcos Alonso 75'), Callum Hudson-Odoi (Christian Pulisic 65'); Mason Mount, Romelu Lukaku (Kai Havertz 75'), Timo Werner.



Simak Video "Raheem Sterling Resmi Berseragam The Blues"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT