Wajar Kalau Performa Jorginho Menurun

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 08 Des 2021 09:00 WIB
Chelseas Jorginho celebrates after scoring his sides first goal during the English Premier League soccer match between Chelsea and Manchester United at Stamford Bridge stadium in London, Sunday, Nov. 28, 2021. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Pelatih Chelsea Thomas Tuchel merasa wajar jika performa Jorginho kini menurun. (Foto: AP/Kirsty Wigglesworth)
London -

Gelandang Chelsea Jorginho belakangan tampil kurang sip. Pelatih Thomas Tuchel sudah menduga performa Jorginho akan menurun karena kelelahan mental dan fisik.

Pemain internasional Italia itu membuat blunder dalam dua penampilan terakhirnya saat Chelsea berimbang dengan Manchester United 1-1 dan ditekuk West Ham 2-3.

Ketika melawan MU, Jorginho kehilangan bola sehingga bisa direbut Jadon Sancho yang kemudian mencetak gol. Lalu pada pertandingan berikutnya di markas West Ham, Jorginho mengirim backpass yang membuat Edouard Mendy dalam posisi sulit sehingga harus mengganjal lawan sehingga berbuah penalti.

Tuchel mengungkapkan bahwa Jorginho dibekap cedera punggung dalam beberapa pekan terakhir. Menurut dia, wajar jika performa Jorginho kini menurun karena selain cedera, si pemain juga tidak banyak waktu istirahat sejak akhir musim lalu.

"Kesalahan yang kami lakukan melawan Watford dan West Ham itu dalam momen pressing-tinggi, kalau Anda melihat Jorginho melakukan sebuah kesalahan seperti itu saya rasa kami tidak memiliki masalah struktural atau perilaku, melainkan masalah yang lebih teknikal, pembuatan keputusan," sahut Tuchel di Metro.

"Dan ini juga merujuk pada kelelahan mental dan fisik. Kalau sekarang Anda melihat Jorginho keluar dengan cedera punggung Anda tahu dia itu bermain dengan sakit punggung melawan West Ham."

"Dia mesti main karena kami kehilangan Mateo Kovacic dan N'Golo Kante untuk waktu yang lama. Jadi inilah yang saya maksud, terkadang Anda terlalu membebani dan terlalu banyak memainkan para pemain."

"Terutama dengan Jorgi, dia datang dari Piala Eropa dan Liga Champions, dia langsung bermain tanpa pramusim di final Piala Super. Kami sudah tahu bahwa dalam beberapa pekan dia akan menghadapi penurunan kesegaran, penurunan performa. Dan persis sekarang ini momen di mana hal itu terjadi, sepenuhnya wajar kok," Tuchel menyimpulkan.



Simak Video "Misi Balas Dendam Guardiola untuk Chelsea-nya Tuchel"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/adp)