Barcelona Jeblos ke 'Liga Malam Jumat'

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 09 Des 2021 06:35 WIB
MUNICH, GERMANY - DECEMBER 08: Frenkie de Jong of Barcelona looks dejected after the second goal during the UEFA Champions League group E match between FC Bayern M√ľnchen and FC Barcelona at Football Arena Munich on December 08, 2021 in Munich, Germany. (Photo by Alexander Hassenstein/Getty Images)
Barcelona turun kasta ke 'Liga Malam Jumat' alias Liga Europa. (Foto: Getty Images/Alexander Hassenstein)
Munich -

Barcelona dipastikan out dari Liga Champions musim ini. Blaugrana harus turun kasta ke 'Liga Malam Jumat' alias Liga Europa. Ya, ampun!

Barcelona melakoni partai hidup-mati kontra Bayern Munich di matchday terakhir Grup E Liga Champions 2021/2022. Pertandingan digelar di Allianz Arena, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB.

Skuad asuhan Xavi Hernandez butuh tambahan tiga poin demi bisa mengunci tiket ke babak 16 besar. Alih-alih mencetak gol, Barcelona justru menjadi bulan-bulanan Bayern.

Jawara Liga Jerman itu berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan telak 3-0. Tiga gol Bayern Munich masing-masing dicetak Thomas Mueller di menit ke-34, Leroy Sane (42') dan Jamal Musiala (62').

Hasil ini sekaligus memastikan Barcelona tersingkir dari Liga Champions. Frenkie de Jong dkk hanya berada di peringkat ketiga Grup E dengan tujuh poin dan jeblos ke kasta kedua Eropa, Liga Europa.

Barcelona harus merelakan posisi kedua kepada Benfica yang di saat bersamaan menang 2-0 dari Dynamo Kiev. Wakil Portugal ini mendampingi Bayern ke fase gugur dengan total poin delapan angka.

Klub asal Catalunya itu menorehkan rekor memalukan tersingkir dari fase grup kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak musim 2000/2001. Menukil statistik Opta, Barcelona kala itu angkat koper ketika bermain di Piala UEFA (Liga Europa).

Barcelona juga untuk pertama kalinya dalam 18 tahun bakal bermain lagi di 'Liga Malam Jumat'. Los Cules kali terakhir mencicipi kasta kedua Eropa itu yakni pada musim 2003/2004, dengan pencapaian terbaik hingga babak keempat.

Menariknya, Xavi Hernandez saat itu masih aktif bermain sebagai gelandang muda Barcelona. Juru besut asal Spanyol itu kini harus melanjutkan petualangan Eropanya sebagai pelatih tim di Liga Europa.

Simak Video 'Barcelona Nyungsep ke Liga Europa, Pertama dalam 18 Tahun!':

[Gambas:Video 20detik]



(bay/pur)