Kontroversi Wasit Anulir Gol Karim Benzema ke Gawang Liverpool

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 29 Mei 2022 14:30 WIB
Real Madrids Karim Benzema, center, waits for the VAR decision on a goal later disallowed for offside during the Champions League final soccer match between Liverpool and Real Madrid at the Stade de France in Saint Denis near Paris, Saturday, May 28, 2022. (AP Photo/Manu Fernandez)
Karim Benzema menunggu keputusan VAR atas golnya yang kemudian dianulir. Foto: AP/Manu Fernandez
Jakarta -

Real Madrid juara Liga Champions usai mengalahkan Liverpool 1-0. Terselip pula kontroversi gol Karim Benzema yang dianulir wasit.

Sebelum Vinicius Junior bikin gol tunggal kemenangan El Real atas the Reds di St. Denis, Paris, Minggu (29/5) dini hari WIB, Benzema sempat mengira dirinya sudah memecah kebuntuan.

Namun, hakim garis rupanya sudah mengangkat bendera offside. VAR kemudian melakukan tinjauan, sampai akhirnya wasit menyatakan gol tidak berlaku.

Gol itu terjadi menyusul kemelut berebut bola di area gawang Liverpool. Si kulit bundar lantas dikuasai Benzema untuk diteruskan ke gawang si Merah.

Pada prosesnya Benzema dinyatakan offside karena sudah berdiri di belakang kiper Alisson. Yang menjadi perdebatan, dalam tayangan ulang terlihat bahwa sentuhan terakhir dilakukan oleh Fabinho sebelum Benzema bikin gol.

Dalam analisis half time di BT Sports, Peter Walton yang merupakan mantan wasit berusaha menjelaskan kenapa gol Benzema sudah tepat dianulir.

"Sebenarnya gampang. Benzema dalam posisi offside, pelanggaran terjadi saat ia menerima bola. Bolanya memantul kena Fabinho. Oleh karena itulah Benzema offside. Jika Fabinho sengaja mengoper bolanya, ia (Benzema) onside. Tapi karena itu adalah pantulan, jadinya offside."

Namun, penjelasan itu justru dianggap tidak jelas oleh John Terry. Mantan kapten legendaris Chelsea tersebut berkomentar tajam.

"Bagaimana mungkin itu tidak gol? Lega sekali Peter Walton sudah menjelaskannya kepada kita..." cuit Terry dengan nada sarkastis, seperti dilansir Mirror.

"Peraturannya tidak masuk akal karena apa mungkin seorang pemain Liverpool dengan sengaja mengoper ke Benzema? Fakta bahwa bola itu memantul kena pemain Liverpool pastinya berarti gol itu sah, kan?".

Kontroversi gol itu sendiri tak mengubah fakta bahwa Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions musim ini dan Karim Benzema menjadi top skor kompetisi.

Tapi menurut detikers bagaimana, gol Benzema ke gawang Liverpool sah atau tidak?

Simak video 'Potret Penyelamatan Gemilang Courtois, Bawa Madrid Juara Liga Champions':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/adp)