5 Trofi Liga Champions, Gareth Bale di Real Madrid Layak Diingat!

ADVERTISEMENT

5 Trofi Liga Champions, Gareth Bale di Real Madrid Layak Diingat!

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 29 Mei 2022 16:45 WIB
PARIS, FRANCE - MAY 28: Gareth Bale of Real Madrid reacts following their sides victory in the UEFA Champions League final match between Liverpool FC and Real Madrid at Stade de France on May 28, 2022 in Paris, France. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Gareth Bale di pesta juara Liga Champions. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
Paris -

Gareth Bale, sekali lagi, membantu Real Madrid juara Liga Champions. Pemain Wales itu dinilai menggoreskan sejarah emas dan patut dikenang.

Bale minim kesempatan di Madrid musim ini. Pemain 32 tahun itu cuma bermain 7 kali di semua kompetisi, dengan rincian bermain 5 kali di Liga Spanyol dan dua kali di Liga Champions.

Saat Madrid melawan Liverpool di final Liga Champions, Bale cuma duduk di bench Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Eks Tottenham Hotspur dan Southampton itu kemudian menyaksikan timnya menang 1-0 atas The Reds.

Bale, yang tetap kebagian medali juara Liga Champions, membuatnya sudah lima kali merasakan berdiri di podium tertinggi kompetisi paling elite di benua biru itu. Sebelumnya, Bale pernah juara pada musim 2013/2014, 2015/2016, 2016/2017, 2017/2018, dengan yang terbaru diraih pada musim 2021/2022.

Rekor itu bukan catatan yang bisa digoreskan banyak pemain. Gareth Bale menjadi salah satu pemain Madrid yang bisa merasakan lima kali juara Liga Champions, terlepas bermain atau tidak di partai final.

Total, Bale sudah mempersembahkan 16 trofi untuk Madrid, sejak dibeli dari Tottenham seharga 100 juta Euro pada 2013--harga tertinggi di dunia saat itu. Rinciannya, Bale memenangkan 5 gelar Liga Champions, tiga kali LaLiga, tiga kali Piala Super Eropa, tiga kali Piala Dunia Antarklub, dan masing-masing sekali gelar Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Secara statistik, Bale juga tak buruk-buruk amat. Ia bisa membuat 106 gol dan 67 assist untuk Real Madrid.

Kontrak Bale di Real Madrid akan habis akhir musim ini. Besar kemungkinan Bale akan hengkang dari Santiago Bernabeu.

Meski tersisih dari skuad dalam beberapa tahun terakhir, Bale dinilai layak diingat sebagai salah satu pemain terbaik Real Madrid. Rio Ferdinand, pundit BT Sport, menilai Bale menjadi pemain langka.

"Gareth Bale, saya pikir dia juga harus disebut-sebut," kata Ferdinand.

"Lima gelar Liga Champions. Dia tidak pergi dengan hubungan yang fantastis dengan para penggemar, tetapi dia memainkan bagian dalam sejarah klub sepakbola ini."

"Tidak banyak lagi orang yang memiliki pengaruh dan dampak yang lebih besar dalam permainan dan panggung besar seperti dia," puji Ferdinand soal Gareth Bale.

(yna/cas)

ADVERTISEMENT