Joaquin Bikin Gol di Usia 41 Tahun, Jadi Rekor Liga Europa!

ADVERTISEMENT

Joaquin Bikin Gol di Usia 41 Tahun, Jadi Rekor Liga Europa!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 16 Sep 2022 21:15 WIB
SEVILLA, SPAIN - SEPTEMBER 15: Joaquin Sanchez of Real Betis shoots for goal during the UEFA Europa League, Group C, match between Real Betis and Ludogorets at Benito Villamarin Stadium on September 15, 2022 in Sevilla, Spain. (Photo By Joaquin Corchero/Europa Press via Getty Images)
Joaquin jadi pencetak gol tertua di Liga Europa (Foto: Europa Press via Getty Images/Europa Press Sports)
Sevilla -

Tua-tua keladi, makin tua makin jadi, itulah Joaquin Sanchez. Winger sekaligus kapten Real Betis itu baru saja mencatatkan rekor di Liga Europa lewat golnya. Top!

Joaquin jadi starter saat Betis menjamu Ludogorets di Matchday Kedua Liga Europa Grup C, Jumat (16/9/2022) dini hari WIB di Benito Villa Marin stadium.

Setelah Luiz Henrique membuka keunggulan untuk timnya di menit ke-25, Joaquin menggandakan skor jadi 2-0 di menit ke-39. Mendapat ruang tembak di depan kotak penalti, bola sepakan melengkung Joaquin masuk mulus ke jala Betis.

Betis akhirnya menang 3-2 dan memuncaki grup dengan enam poin, unggul tiga angka dari Ludogorets dan AS Roma. Gol Joaquin menunjukkan bahwa pemain ini memang tidak ada matinya.

Di usia 41 tahun 56 hari, Joaquin masih semangat menyisir sisi kanan lapangan. Lewat golnya itu pula, Joaquin mencatatkan rekor baru di Liga Europa.

Dia jadi pencetak gol tertua di kompetisi itu menggeser Daniel Hestad saat bikin gol untuk Molde pada November 2015. Saat itu Hestad melakukannya di usia 40 tahun 98 hari.

Di posisi lima besar ada juga pemain Spanyol lainnya Jorge Molina yang membuat gol untuk Getafe di usia 38 tahun 324 hari. Melengkapi lima besar adalah pemain AEK David Catala di usia 38 tahun 224 hari dan Walter Samuel untuk FC Basel di usia 37 tahun 333 hari.

Hebatnya, Joaquin juga baru mencatatkan rekor lainnya Februari lalu di Liga Europa. Saat itu Joaquin jadi pencetak assist tertua saat berusia 40 tahun 211 hari.

Ini makin menegaskan bahwa Joaquin itu makin tua makin menjadi. Sebagai lulusan akademi Betis pada 1999, Joaquin sempat meninggalkan klub itu pada 2006 ke Valencia, Malaga, dan Fiorentina.

Setelah itu Joaquin kembali lagi ke Real Betis pada 2015 hingga saat ini dengan total 62 gol dan 44 assist dari 454 laga.

(mrp/aff)

ADVERTISEMENT