Barcelona vs Bayern Munich: Dihajar 0-3, Blaugrana Terjun ke Liga Europa

ADVERTISEMENT

Barcelona vs Bayern Munich: Dihajar 0-3, Blaugrana Terjun ke Liga Europa

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 27 Okt 2022 03:57 WIB
Barcelona -

Barcelona dihajar Bayern Munich 0-3 di matchday kelima Grup C Liga Champions. Kekalahan itu mengantar Blaugrana terjun ke Liga Europa.

Bertanding di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Kamis (27/10/2022), Barcelona sebenarnya sudah dipastikan tersingkir dari Liga Champions sebelum bertanding. Sebab, Inter Milan, yang bermain dua jam sebelumnya, mampu menang 4-0 atas Viktoria Plzen. Nerazzurri sukses menyegel posisi runner up Grup C.

Melawan Bayern, Barcelona juga tetap kesulitan. Dua gol bersarang ke gawang Marc-Andre Ter Stegen, usai dibobol sadio MAne dan Eric Maxim Choupo-Moting.

Di babak kedua, tak ada gol balasan bisa dicetak Barcelona. Sementara Bayern sempat bikin satu gol lagi, namun dianulir VAR. Skor 2-0 untuk kemenangan Bayern bertahan.

Hasil ini menempatkan Barcelona di peringkat tiga Grup C dengan 4 poin, dipastikan tersingkir sebab tak mampu mengejar Bayern (15 poin) dan Inter Milan (10 poin) hingga matchday 5. Barcelona terlempar ke Liga Europa.


Jalannya Pertandingan

Alih-alih menekan dan mendapat gol, Barcelona justru kebobolan sejak menit ke-9. Gawang Marc-Andre Ter Stegen dibobol Sadio Mane. Striker Senegal itu bisa meneruskan umpan terukur Serge Gnabry ke depan, dengan menjadikannya gol. Bayern memimpin 1-0.

Barcelona praktis tak bisa membuat peluang emas ke gawang Bayern Munich. Di menit ke-31, malah tuan rumah yang kembali kebobolan. Gnabry kembali membuat kreasi atas gol tersebut.

Eric Maxim Choupo-Moting bisa menggandakan skor di menit ke-31. Lewat serangan yang dibangun dengan rapi, penyerang asal Prancis itu bisa menjebol gawang Barcelona. Skor 2-0.

Di menit ke-41, Bayern nyaris membuat gol ketiga lewat aksi Sadio Mane dan Jamal Musiala, yang bisa mengacak-acak pertahanan. Namun, peluang bisa dimentahkan Ter Stegen.

Nah, serangan balik kemudian bisa dilakukan Barcelona, lalu diakhiri dengan upaya Robert Lewandowski menjebol gawang. Striker Polandia itu terjatuh di kotak penalti, dan wasit sempat menganggap penalti. Usai dicek VAR, tak ada pelanggaran dilakukan Bayern, sehingga penalti dibatalkan. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua bergulir, Barcelona masih kepayahan menghadapi Bayern. Pada menit ke-55, gawang tuan rumah bahkan kembali bergetar usai dibobol Gnabry. Namun, VAR kemudian menganulir gol Bayern, usai Gnabry rupanya sudah dalam posisi offside.

Tertinggal, Barcelona coba memasukkan pemain baru. Ferran Torres dan Raphinha dimasukkan pelatih Xavi Hernandez. Tak ada perubahan berarti pada permainan Barcelona.

Solidnya pertahanan Bayern membuat Barcelona mati kutu. Serangan dari berbagai sisi tak mampu menjebol wilayah permainan Die Roten.

Sampai menit-menit terakhir, tak ada gol bisa dicetak Barcelona. Sebaliknya, Bayern bisa menambah satu gol lagi di masa injury time, usai Benjamin Pavard bisa meneruskan sepakan Gnabry, dalam skema sepak pojok. Kekalahan 0-3 ditelan Barcelona atas Bayern Munich.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen, Balde, Alonso, Kounde (Garcia 68'), Bellerin, De Jong, Kessie, Busquets (Torres 58'), Pedri (Raphinha 58'), Dembele (Ansu Fati 68'), Lewandowski (Torre 83')

Bayern Munich: Ulreich, Davies, De Ligt, Upamecano (Pavard 63'), Mazraoui (Stanisic 79'), Goretzka (Sabitzer 46'), Kimmich, Musiala (Gravenberch 68'), Mane, Gnabry, Choupo-Moting (Mueller 63')

(yna/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT