detiksport
Follow detikSport
Kamis, 18 Jan 2018 17:50 WIB

Untuk Voli, Basket, dan Sepakbola: Test Event Februari atau Tidak Sama Sekali

Mercy Raya - detikSport
Erick Thohir, ketua INASGOC (dok. INASGOC) Erick Thohir, ketua INASGOC (dok. INASGOC)
Jakarta - Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menegaskan Februari sebagai test event terakhir. Dia bilang tak ada lagi test event susulan.

Test event Asian Games dijadwalkan bergulir 10-24 Februari (jadwal sebelumnya 10-18 Februari) di Jakarta. Rencananya, ada sembilan cabang yang akan dipertandingkan, yaitu atletik, taekwondo, bola voli, basket, tinju, sepakbola, pencak silat, angkat besi, dan panahan.

Dari sembilan cabang itu, enam di antaranya sudah dipastikan akan menggelar pertandingan pada test event. Sementara tiga lainnya, yakni basket, voli, dan sepakbola terancam batal dengan alasan kurang peserta.

[Baca Juga: Sepakbola, Boli, dan Basket Terancam batal Test Event]

INASGOC memberikan batas waktu kepastian peserta test event Asian games 2018 hingga pekan depan. Jika tidak terpenuhi maka ketiga cabor itu tidak akan bisa mengikuti di test event Asian Games.

"Untuk bulutangkis sudah merupakan bagian dari test event. Hanya memang pemisahan bulutangkis karena adanya Indonesia Masters. Jadi, daripada double, ya lebih baik sekalian dibuat Indonesian Master dan dana pun kami bantu," kata Erick dalam konferensi pers, Kamis (18/1/2018).

"Tapi untuk tiga cabang ini, jika mengajukan diri lagi untuk melaksanakan test event mandiri ya tidak bisa karena waktunya sudah sangat sempit," ujarnya kemudian.

Lagipula, kata Erick, pemberitahuan untuk test event Asian Games ini bukan mendadak melainkan sudah sejak lama.

"Kami menginformasikan soal test event sudah sejak kemarin dan yang kami usulkan bukan tim apa-apa. Melainkan bisa timnas U-23, atau tim nasional senior. Jadi tak masalah," dia menjelaskan.

"Bukannya kami tidak mendukung. Kami sangat mendukung tapi untuk mengajukan test event lagi waktunya sangat sempit," bos Mahaka Group itu menambahkan. (mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed