detiksport
Follow detikSport
Senin, 12 Feb 2018 18:30 WIB

Membahayakan Atlet, Arena Lompat Jauh & Jangkit di SUGBK Harus Dibongkar

Randy Prasatya - detikSport
Foto: Randy Prasatya/detikSport Foto: Randy Prasatya/detikSport
Jakarta - Arena lompat jauh dan lompat jungkit untuk atletik di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang bakal digunakan untuk Asian Games 2018 harus dirombak. Posisi mengancam keselamatan atlet.

Situasi itu diketahui saat Indonesia dan sejumlah negara mengikuti test event Asian Games 2018 di SUGBK mulai Minggu (11/2). Jarak arena lompat jauh dan lompat jangkit dengan papan iklan sangat berdekatan.

Dari empat bak lompat jauh dan lompat jungkit yang ada di SUGBK, cuma satu yang dinyatakan layak pakai.

Technical Delegate (TD), Kotta Walson, menyatakan agar arena itu dirombak demi keselamatan atlet. Dia mengungkapkan pernyataan itu pada hari kedua test event Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (12/2/2018) sore WIB.

Maria Natalia LondaMaria Natalia Londa (Sigid Kurniawan/Antara)

"Kami menemukan kesalahan besar. Karena yang menjadi fokus kami sebagai technical delegate adalah keselamatan atlet," kata Kotta Walson, selaku technical delegate atletik Asian Games 2018.

"Ini akan menjadi sangat berbahaya bagi para atlet yang berpartisipasi di Asian Games 2018," pria asal India itu menambahkan.

Kotta juga menegaskan bahwa standar arena tak bisa ditawar. Maka, fasilitas harus dibangun dengan layak demi kelancaran acara.

"Asian Games itu kejuaraan bergengsi, para atlet yang bertanding di sini harus didukung dengan lokasi dan fasilitas yang baik. Tidak boleh kurang," Kotta menegaskan.


(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed