detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 22 Jul 2018 22:43 WIB

Dukungan Masyarakat untuk Fauzan Sang Juara Dunia Karate

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Fauzan Noor (kiri) juara dunia karate tradisional. (Foto: dok. Kitabisa.com) Fauzan Noor (kiri) juara dunia karate tradisional. (Foto: dok. Kitabisa.com)
Jakarta - Fauzan Noor jadi juara dunia karate tradisional dengan menempuh perjuangan tak mudah. Untuk mengapresiasi perjuangannnya, warganet menggalang dukungan.

Kisah Fauzan mencuat setelah prestasi Lalu Muhammad Zohri jadi juara dunia atletik U-20. Sementara Zohri mendapatkan perhatian besar dari publik dan pemerintah, Fauzan jadi satu dari sekian atlet berprestasi lainnya yang kurang terekspos.
Fauzan sebenarnya lebih dulu mengukir prestasi, kala menjadi juara dunia Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) di Praha awal tahun 2018 ini. Selain dirinya, ada pula Jevon Kusmoyo (wushu) dan Samantha Edithso (Catur) yang menjadi juara dunia level junior.

Dalam kasus Fauzan, kisahnya belakangan menjadi amat disorot karena perjuangannya untuk berangkat ke Praha tak mudah. Dia harus mencari pinjaman uang untuk akomodasinya.

Untuk menghemat uang sakunya, anak muda asal Banjarmasin itu membawa bekal ikan asin, telur, dan mi instan.
Pemerintah sendiri mulai bergerak untuk mengapresiasi Fauzan dan para juara dunia lain yang sebelumnya kurang terekspos. Sementara itu warganet juga tak tinggal diam.

Di situs penggalangan dana Kitabisa.com, dukungan untuk Fauzan dimulai netizen. Gerakan ini diinisiasi oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan dengan target dana terkumpul adalah Rp 50 juta.

Kampanye ini dimulai untuk mengapresiasi Fauzan sebagai putra bangsa yang berjuang mengharumkan nama bangsa. Selain itu untuk membantu meningkatkan kualitas hidupnya.


"Layaknya Zohri, Fauzan adalah sosok putra bangsa yang berikhtiar mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi dan karyanya," demikian pernyataan ACT dalam kampanye tersebut.

Sampai saat ini, dana yang terkumpul baru mencapai Rp 150.520. Untuk ikut memberi dukungan terhadap Fauzan, bisa klik di sini. (raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed