detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 08 Sep 2018 19:23 WIB

Sambut Haornas, Gala Desa Juga Digelar di Ternate

Amalia Dwi Septi - detikSport
Gala Desa 2018 di Ternate (Amalia Dwi Septi/detikSport
Ternate - Rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) juga dimeriahkan dengan kick-off Gala Desa 2018 di Ternate. Program unggulan Kemenpora itu diharapkan bisa menemukan bibit-bibit berbakat dari Maluku Utara itu.

Kick-off Gala Desa 2018 menjadi bagian rangkaian Haornas ke 35 yang jatuh pada Minggu (9/9/2018). Selain Gala Desa, acara juga sekaligus menyambut kirab obor Asian Para Games 2018.

Bertempat di Lapangan Kayu Merah, Ternate Maluku Utara, Sabtu (8/9), Gala Desa resmi bergulir. Kick-off dibuka oleh Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Teguh Raharjo dan didampingi oleh Sekda Ternate, Tauhid Soleman.







Gala Desa di Ternate mempertandingkan empat cabang olahraga. Di antara lain, sepakbola, bulutangkis, tenis meja dan atletik. Ratusan anak-anak sangat antusias mengikuti ajang multievent skala desa itu.

Teguh mengungkapkan Gala Desa digelar sebagai bagian upaya pemerintah membangun olahraga sekaligus mencari bibit-bibit berbakat. Hal itu juga menjadi komitmen Presiden RI Joko Widodo bersama Menpora Imam Nahrawi.

"Kenapa kami memilih Ternate, karena sejarah membuktikan di sini telah lahir atlet-atlet nasional. Untuk itu kami mendorong anak-anak untuk berkompetisi di wadah yang kami sediakan. Kami ingin menumbuhkan semangat anak-anak dan mengembangkan bakat mereka," ujar Teguh.

Salah satu bukti pemerintah ingin membangun olahraga seperti adanya PPLP yang tersebar di provinsi Indonesia dan Piala Menpora. Ini juga menjadi upaya menciptakan atlet nasional di masa mendatang yang bisa tampil di ajang internasional.

"Kami punya target panjang ke depannya. Bagaimana anak-anak ini nantinya kami didik, dan diarahkan potensinya agar mereka bisa menjadi atlet nasional yang membawa nama Indonesia. Kami ingin mendorong kerja sama antara pemerintah daerah dengan Kemenpora supaya bersinergis," tambahnya.






Dukungan bergulirnya Gala Desa juga disampaikan Sekda Ternate, Tauhid. Dia mengaku sangat bangga Ternate dipercaya untuk menggelar Gala Desa dan menjadi tuan rumah Haornas.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan besar yang telah diberikan oleh Kemenpora. Di sini, masyarakat sangat antusias mereka mengikuti Gala Desa dan menyaksikan Haornas. Ini menjadi semangat kami untuk menggalakkan olahraga," timpalnya.

Tingginya animo masyarakat Ternate menyaksikan Gala Desa cukup besar. Mereka menyaksikan langsung dari pinggir lapangan dengan raut wajah gembira. Kick-off ditandai dengan pertandingan sepakbola antara SSB Cordoba vs Binter Football Academy.



(ads/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com