Mengintip Gladi Kotor Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018

Mercy Raya - Sport
Kamis, 27 Sep 2018 23:12 WIB
Foto: Mercy Raya
Jakarta - Pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar pada 6 Oktober. Pelaksaanan upacara pembukaan tengah dimatangkan.

DetikSport berkesempatan untuk ikut menyaksikan gladi kotor pembukaan multievent atlet-atlet penyandang disabilitas tersebut di Stadion Gelora Bung Karo, Jakarta, Kamis (27/9/2018). Pada gladi kotor itu, panitia menampilkan sesuatu yang ikonik.

Dari pantauan, terdapat panggung berbentuk ombak yang menggunakan proyektor untuk menggambarkan lautan yang di dalamnya terdapat penyandang disabilitas kursi roda.


Panitia juga menampilkan ogoh-ogoh Komodo yang merupakan ikon pariwisata utama di Indonesia, yang menghuni Pulau Komodo salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia.

"Ya seperti yang saya selalu katakan bahwa INAPGOC punya konsep yang beda dari Asian Games tapi harus sama-sama menjadi kebanggaan Indonesia. Pembukaan Asian Games lebih musik festival, sementara para games lebih banyak gelaran dan aksi-aksi yang nantinya menguak sisi kemanusian," ujar Ketua INAPGOC Raja Oktohari menjelaskan.


Okto sendiri tak ingin lebih jauh mengungkap detail konsep dari pembukaan. Menurutnya, biar lah acara nanti akan menjadi kejutan bagi penonton. Yang pasti, katanya, akan jauh lebih menarik.

Selain itu, Raja juga mengatakan bahwa untuk gelaran upacara pembukaan Asian Para Games, pihaknya menggandeng perusahaan yang terlibat dalam upacara pembukaan Olimpiade 2016.

"Pemenang tender untuk opening ceremony Royal Indo. Nah, mereka menggandeng WBS, yang merupakan perusahaan berpengalaman dalam menggelar pembukaan termasuk saat opening Olimpiade di Brasil," kata dia.

(mcy/rin)