detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 29 Sep 2018 00:08 WIB

Laura Dinda Selaraskan Pendidikan dan Prestasi Renang di Atas Kursi Roda

Mercy Raya - detikSport
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Solo - Kendati harus beraktivitas di atas kursi roda, Laura Aurelia Dinda Sekar Devanti bertekad untuk menyelaraskan pendidikan dengan prestasi renang. Jangan sampai timpang.

Laura Dinda belum lama harus menggunakan kursi roda untuk beraktivitas. Remaja kelahiran Pekanbaru 19 tahun silam itu mengalami keterbatasan pergerakan kaki setelah cedera tulang ekor pada 2015.

Setelah bisa menerima perubahan drastis dalam periode kehidupannya, Laura, yang memang sudah rutin mengikuti kejuaraan renang di tingkat provinsi, berani kembali ke kolam renang lagi. Dia malah berhasil mengisi skuat Timnas renang menuju Asian Para Games 2018 Jakarta.

Di sela-sela kesibukannya di Timnas renang, Laura juga mulai berani kembali ke hadapan publik. Dia terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.




"Mimpi terbesar saya itu bisa menyeimbangkan kuliah dan renang. Semester kemarin cuti, semester depan baru mau mulai lagi," kata Laura dalam One on One detikSport.

"Saya memilih jurusan ini karena nyambung dengan pengalaman hidup saya sendiri. saya bisa berkaca pada diri saya sendiri. Saya melihat di Indonesia kesehatan mental jarang diperhatikan, sejauh ini baru kesehatan fisik dengan gembar-gembor BPJS salah satunya, tapi mental enggak," kata Laura.


[Gambas:Instagram]



"Saya ingin menjadi sosok yang ingin berkontribusi pada kesehatan mental itu. Contohnya saya. Saya enggak ingin ada orang yang sendirian melewati masa-masa berat seperti saya waktu itu," tutur Laura.

Dari sisi prestasi olahraga, Laura juga optimistis bisa terus berkiprah di ajang nasional dan internasional. Dia hanya akan berhenti ketika benar-benar tak sanggup lagi.

"Renang sudah menjadi hidup saya. Saya akan berenang sampai tak sanggup lagi," ujar dia.




(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed