Garapan Jay Subiyakto, Pembukaan Asian Para Games Suguhkan Keberagaman

Mercy Raya - Sport
Kamis, 04 Okt 2018 15:35 WIB
Foto: Lintao Zhang/Getty Images
Jakarta - Asian Para Games 2018 dibuka 6 Oktober 2018 atau dua hari lagi. Upacara pembukaan menyuguhkan tema keberagaman.

Opening ceremony Asian Para Games digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (6/10/2018). Penampil sudah berlatih untuk menyongsong agenda tersbeut.

Associate Creative Director & Set Designer Asian Para Games 2018, Jay Subiyakto, mengatakan konsep besar pembukaan Asian Para Games untuk menunjukkan bahwa disabilitas itu bukan kekurangan tapi kelebihan.

"Makanya, saya itu bukan fokus kepada penghiburan kepada orang tetapi lihat lah bahwa ini adalah sebagian dari masyarakat kita atau dunia yang punya kehebatan luar biasa," kata Jay di GBK Arena, Senayan, Kamis (4/10/2018).




"Bisa dibilang ini menjadi bentuk apresiasi kepada mereka (atlet) yang berjuang untuk negara mereka. Jadi, jangan selalu mengasihani mereka karena sebenarnya mereka lebih hebat dari kita yang punya semuanya," dia menambahkan.

Di atas panggung nanti, Jay menjelaskan, akan melibatkan 1.500 penampil. Dari mulai penari hingga keterlibatan atlet disabilitas.

"Jadi ini yang harus kami tonjolkan pentingnya lihat manusia-manusia hebat yang bisa melebihi kemampuan orang normal. Tag line-nya itu kan We are One bukan hanya satu Indonesia tapi satu," ujar dia.

"Tapi kalau diceritain semua nanti nggak seru lagi. Tapi yang penting itu tadi kami ingin memberitahukan keberagaman dan itu bukan hanya agama dan etnik tapi itu tadi disabilitas dan non disabilitas. Jadi kalau bisa nonton saja karena kalau diceritain nggak seru," ujarnya.



Simak Juga ''Song of Victory' Banjir Pujian, Ini Kata INAPGOC':

[Gambas:Video 20detik]


(mcy/fem)