Anggaran Pelatnas Berkurang, SEA Games dan Kualifikasi Olimpiade Diselaraskan

Mercy Raya - Sport
Jumat, 26 Okt 2018 13:15 WIB
Foto: pool
Jakarta - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana, meminta agar federasi cabang olahraga membuat prioritas dengan turunnya anggaran pelatnas 2019. Kualifikasi olimpiade dan SEA Games beriringan.

Anggaran pelatnas untuk tahun 2019 turun dibandingkan tahun ini. Dari nominal Rp 735 miliar menjadi Rp 500.

Penurunann anggaran itu berimbas kepada anggaran yang akan dikucurkan kepada federasi cabang olahraga, yang bertanggung jawab membina atlet. Pada 2019, Indoensia ditunggu dua multievent, SEA Games Filipina dan kualifikasi Olimpiade 2010 Tokyo untuk sebagian cabang olahraga.


Baca Juga: Jonatan, Gregoria Tembus 8 Besar Prancis Terbuka


Nah, situasi ini pun membuat Kemenpora lebih jeli dalam memberikan dana kepada cabor. Mulyana berharap prestasi tak turun meskipun dana berkurang. Dia menekankan agar kualifikasi olimpiade dan persiapan SEA Games bisa berjala beriringan.

"Sebab, latihannya satu paket. Seperti atletik nomor lari 100 meter kan ada Lalu Muhammad Zohri. Dia ikut kualifikasi olimpiade dan SEA Games juga. Tentu, prosesnya selain latihan untuk event, juga untuk lolos kualifikasi. Itu yang dimaksud keterpaduan linier," kata Mulyana kepada detikSport, Jumat (26/10/2018).

"Makanya, akan ada prioritas khususnya untuk sport olympic. Tapi, itu pun bukan cabornya melainkan number of eventnya yang potensi medali yang dilihat. Itu yang akan prioritas untuk mendapatkan dana lebih," dia menjelaskan

"Belum (tahu jumlahnya). Kami sama-sama mencari. Kami ingin berbagi denggan cabor. Kami butuh data-data seperti saat Asian Games. Kami ada data lalu kami sesuaikan dengan data cabor," dia menegaskan.

Mulyana menyebut jika evaluasi dengan federasi cabang olahraga sudah dilakukan.

"Kemarin salah satu agenda evaluasi kami menyampaikan agenda penyusunan proposal untuk anggaran 2019. Itu dasarnya dari kalender event. Itu juga yang harus dikejar cabor, dimana eventnya, kapan, apakah itu kualifikasi atau event biasa. Itu yang harus didata untuk bisa kumpulkan cabor," ujar dosen Universitas Negeri Jakarta tersebut.

"Semoga pekan depan kami ada sosialisasi pengajuan proposal," dia menambahkan.


Baca Juga: Anggaran Kemenpora Tahun 2019 Sebesar Rp 1,95 T



Saksikan juga video 'Polemik Anggaran Pelatnas Cabor, Menpora: Semua Sudah Sepakat':

[Gambas:Video 20detik]

(mcy/fem)