detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 28 Okt 2018 12:31 WIB

Buka JPM Trail MTB Race, Okto: Awal Kelahiran Pebalap Berkualitas

Mercy Raya - detikSport
Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Jakarta - Lomba balap sepeda Jalur Pipa Modernhill (JPM) Trail MTB Race 2018 resmi dibuka. Ajang ini diharapkan bisa memunculkan pebalap berkualitas.

JPM Trail MTV Race digelar di Komplek Modernhill, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Minggu (28/10/2018). Total ada sekitar 220 pebalap ikut serta. Termasuk di antaranya peraih medali perunggu Asian Games, Nining Purwaningsih.

Event ini terbagi dalam 5 kategori Men Pro/Elite, Men Open (20-29 tahun), Junior (16-19 tahun), Women Open, Master A (30-39 tahun), Master B (40 tahun ke atas), Master A Fullsus (30-39 tahun) dan Master B Fullsus (40 tahun ke atas).



Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia Raja Sapta Oktohari yang membuka lomba balap tersebut mengapresiasi niat panitia dalam mengembangkan olahraga balap sepeda.

"Menurut kami dari PB ISSI meski belum didaftarkan ajang ini bakal menjadi cikal bakal Mountain Bike Indonesia. Mulai dari sini akan banyak lahir pebalap berkualitas dan mengharumkan nama bangsa nanti," kata Oktohari.

Sementara itu, Ketua Panitia JPM Trail MTB Race Sondi YN mengatakan Hari Sumpah Pemuda yang bertepatan dengan hari ini sekaligus menjadi momen spesial untuk membangkitkan olahraga Indonesia, khususnya dunia balap sepeda.

"Sembilan puluh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia berikrar bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu Indonesia. Pada kesempatan yang sama di tahun ini, dengan semangat Memperingati Hari Sumpah Pemuda, kami selaku Ketua Panitia mewakili seluruh panitia, menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat bersama-sama berkumpul dalam acara lomba balap sepeda perdana dengan nama JPM Trail MTB Race ini," kata Sondi.

"Terlebih, sarana untuk balapan juga sudah tersedia dan dibangun atas swadaya donatur dan developer, masyarakat sekitar, dan panitia JPM. Semangat ini menjadi salah satu manifestasi perwujudan dari makna Sumpah Pemuda tersebut," tambahnya.

Sondi juga mengucapkan selamat kepada para peserta lomba. Dia berharap ajang ini bisa memberikan kontribusi lebih bagi kebangkitan olahraga balap sepeda di Indonesia. (mcy/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com