detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 19 Nov 2018 18:21 WIB

PBVSI Janjikan Juara Kejurnas U-17 ke Ajang ASEAN dan Asia

Mercy Raya - detikSport
Foto: Zhong Zhi/Getty Images Foto: Zhong Zhi/Getty Images
Jakarta - Kejuaraan nasional voli U-17 kembali digulirkan. Agar lebih kompetitif, PP PBVSI menjanjikan sang juara untuk tampil di ajang Asia Teggara dan Asia.

Kejurnas Voli U-17 2018 berlangsung 20-24 November 2018 di GOR Pasar Minggu, Jakarta. Rencananya, kejuaraan dibuka Menpora Imam Nahrawi didampingi Ketua PP PBVSI Imam Sudjarwo.

Ajang itu diramaikan 16 tim putra dan 16 tim putri dari berbagai wilayah Indonesia. Seperti, Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Kami dari PBVSI sangat bangga memiliki kalender resmi di usia ini. Ini menambah kegiatan dan pembinaan bagi atlet-atlet muda di Indonesia. Kami berharap kejuaraan ini bisa berlanjut. PBVSI tidak hanya mendukung, tapi berharap ajang ini bisa semakin besar ke depannya," tutur Wakil Ketua bidang Kompetisi PB PBVSI, Regi Nelwan, di GOR Pasar Minggu, Senin (19/11/2018).




Nantinya, tim pemenang juga memiliki kesempatan untuk memperkuat timnas voli Indonesia di ajang-ajang kelompok umur. Pasalnya, PBVSI bertekad untuk kali pertama mengirim tim kelompok umur yang bersaing di level Asia Tenggara dan Asia.

"Kami masih kekurangan kompetisi di kelompok umur. Makanya kami dari PBVSI sangat senang ada kompetisi seperti Kejurnas Voli U-17," dia menambahkan.

Kejurnas Voli U-17 ini sudah masuk dalam kalender resmi PBVSI. Ikatan Atlet Voli Indonesia (IAVI) adalah penggagasnya. Ajang tahun 2018 adalah edisi keempat yang telah digelar sejak 2015. Tujuannya adalah agar Indonesia memiliki timnas voli yang berprestasi di masa mendatang dalam persaingan di kancah Asia.

"Kejuaraan ini diharapkan menambah motivasi bagi para atlet muda Indonesia. Voli Indonesia berharap bisa mendapatkan medali emas di ajang SEA Games. Mudah-mudahan dari era atlet saat ini bisa mempersembahkan medali-medali untuk Indonesia," kata Ketua Panpel Kejurnas Voli U-17 2018, Denny Hendry Wijaya, yang juga mantan atlet voli nasional ini.

Adapun total hadiah yang diperebutkan pada kejuaraan ini sebesar Rp 63 juta. Pemenang akan diambil dari tim peringkat pertama hingga keempat. Pemain terbaik dari kategori putra dan putri juga akan mendapatkan bantuan uang pembinaan.

Tak hanya menggelar Kejurnas Voli U-17 2018, PBVSi menggelar ajang reuni bagi para mantan atlet Indonesia pada 24-25 November 2018. Juga akan ada momen pemberian penghargaan bagi para mantan-mantan atlet nasional.

Untuk melengkapi acara, panpel juga akan menggelar kejuaraan khusus usia 40 tahun ke atas di sektor putri dan 45 tahun ke atas di sektor putra. Total ada 10 tim yang ikut meramaikan untuk kejuaraan kategori ini (empat putri, enam putra).


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed