detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 06 Jan 2019 19:52 WIB

Cuma Putri yang Berpeluang Raih Emas di Kejuaraan Asia Balap Sepeda

Mercy Raya - detikSport
Crismonita diharapkan meraih medali emas di ACC 2019. (Pradita Utama/detikSport) Crismonita diharapkan meraih medali emas di ACC 2019. (Pradita Utama/detikSport)
Jakarta - https://www.detik.com/tag/chrismonita-dwi-putriPengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mematok target emas di Asian Track Cycling Championships (ACC) 2019. Mereka berharap dari nomor sprint putri.

Kejuaraan Asia Balap Sepeda khusus untuk trek itu bergulir di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, mulai 9-13 Januari. Indonesia menurunkan 14 pebalap putra dan putri, enam atlet paracycling, dan tujuh atlet junior.

Manajer Timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra, optimistis Indonesia berhasil meraih medali emas. Dia bilang mengatakan jika melihat hasil latihan dan proyeksi yang diberikan pelatih pebalap putri Indonesia memiliki peluang besar untuk menyumbang medali emas. Terutama di nomor sprint putri atas nama Chrismonita Dwi Putri.

"Berdasarkan hasil latihan, pelatih menyampaikan kalau kita mempunyai target medali emas dari sprint putri, Crismonita dan pasangannya Wiji Lestari. Tapi target emas bukan dari tim sprint ya, tapi dari nomor sprint," kata Budi kepada detikSport pada Minggu (6/1/2019).

Budi mengatakan Chrismonita punya modal di beberapa kejuaraan Asia sebelumnya sehingga bisa tampil kompetitif melawan pesaingnya. Seperti dari Malaysia, Korea, dan China.

"Chrismon itu juara di Asia Cup di India dan Thailand. Dia juga meraih medali emas di South East Asia GP sehingga itu bisa menjadi modal dan kepercayaan diri kami," Budi menjelaskan.


Peluang medali lainnya juga bisa diraih dari paracycling. Hal ini tak lepas dari jumlah negara peserta, yakni India, Singapura, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia.

"Sementara, untuk sektor putra masih agak berat, masih jauh. Jadi peluang itu di putri dan paracycling," dia menambahkan.

Budi juga sekaligus menegaskan bahwa pebalap terbaik mereka Elga Kharisma Novanda tak ikut dalam kejuaraan ini lantaran masih dalam tahap recovery usai menjalani cedera tulang belakang di bagian pinggang yang sudah dibekapnya sejak lama.

"Elga akan digantikan oleh Wiji Lestari yang akan menjadi pasangan Chrismonita di nomor tim sprint putri," kata dia.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed