detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 16 Feb 2019 18:18 WIB

FPTI Jakarta Ingin Cari Penerus Puji Lestari dan Aspar Jaelolo

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Aspa Jaelolo, atlet panjat tebing asal Jakarta (Hendra Nurdiyansyah/Antara Foto) Aspa Jaelolo, atlet panjat tebing asal Jakarta (Hendra Nurdiyansyah/Antara Foto)
Jakarta - Puji Lestari dan Aspar Jaelolo adalah atlet andalan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jakarta. Lewat turnamen lokal, FPTI Jakarta ingin mencari penerus keduanya.

Puji dan Aspar angkat nama saat mengharumkan Indonesia di ajang Asian Games 2018 lalu. Dua atlet panjat tebing ibukota itu sama-sama meraih medali, emas untuk Puji dan perunggu untuk Aspar.

Pencapaian Puji dan Aspar itu hanyalah sedikit dari banyak prestasi yang sudah ditorehkan keduanya di berbagai ajang baik level nasional maupun internasional. Maka dari itu, mencari penerus kedua atlet itu jadi tantangan tersendiri untuk pengurus FPTI Jakarta.




"Kami saat ini membinat belasan atlet dengan empat hingga enam atlet putra pada pelatihan daerah. Mereka kami siapkan untuk mengikuti PON selain tentunya pada kejuaraan skala nasional lainnya," ujar Ketum FPTI DKI Jakarta, Kurnia Bakti, dalam acara di bilangan Radio Dalam, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).


FPTI Jakarta Ingin Cari Penerus Puji Lestari dan Aspar JaeloloFoto: dok.EIGER Indonesia


"Kami masih merasakan bagaimana masyarakat, pemerintah, serta anggota legislatif menikmati euforia cabor panjat tebing pada Asian Games 2018 lalu. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya minat untuk mengikuti latihan panjat tebing serta dukungan anggaran untuk pembangunan tembok panjat tebing," sambungnya.

Maka dari itu, demi menjaga regenerasi atlet serta memunculkan Puji dan Aspar baru ke depannya, FPTI Jakarta menjalin kerjasama dengan salah satu produsen terkenal untuk aparel olahraga ekstrim ini, yakni EIGER. Aparel asal Bandung ini juga sudah mendukung penuh kebutuhan atlet panjang tebing pada Asian games lalu.

Tahun lalu, EIGER sudah menandatangani nota kesepakatan dengan FPTI Sumatera Selatan dan Jawa Timur dalam hal pembinaan dan penyediaan alat-alat latihan. Tahun ini adalah giliran Jakarta.




Tak cuma kerjasama dalam hal dukungan alat-alat panjang tebing dan sejenisnya, mereka juga mengadakan kompetisi panjat tebing, 15-17 Februari, di EIGER Flagship Store Radio Dalam, Jakarta Selatan. Ada total 116 peserta yang ikut dalam kompetisi yang mempertandingkan dua kelas umur, yakni di atas dan di bawah 18 tahun.





"Potensi-potensi pemanjat DKI sangat besar, tentunya kerjasama ini menjadi sebuah langkah strategis guna memantapkan positioning EIGER di dunia panjat tebing sebagai brand yang sangat peduli terhadap regenerasi para pemanjat lokal, sekaligus sebagai produsen alat-alat panjat yang berkualitas internasional," ujar Marketing Communication Section Chief PT EIGER MPI, Hendra Suhendra, dalam rilis kepada detikSport.

"Event ini menjadi tepat momentumnya, karena setelah Aspar Jaelolo dan Puji Lestari berprestasi di Asian Games, pasti banyak pemanjat baru yang bermunculan karena terinspirasi dan termotivasi oleh mereka," timpal Kurnia.


(mrp/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com