detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 04 Apr 2019 20:48 WIB

Kejar Limit Paralimpiade, Jendi Pangabean Ikut Kejuaraan Dunia Glasgow

Mercy Raya - detikSport
Jendi Pangabean akan ikut kejuaraan dunia di Glasgow akhir bulan ini (Rifkianto Nugroho/detikSport) Jendi Pangabean akan ikut kejuaraan dunia di Glasgow akhir bulan ini (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Perenang paralimpiade Jendi Pangabean mempersiapkan diri menuju Kejuaraan Dunia para renang seri Glasgow. Ajang tersebut digelar 25-28 April mendatang.

National Paralympic Committee (NPC) Indonesia akan mengirim tiga atletnya. Selain Jendi, ada Syuci Indriani, dan Zaki Zulkarnain. Ketiganya dianggap yang memiliki peluang dan mendekati limit paralimpiade.

"Sebenarnya untuk perhitungan poin atau limit Olimpiade sudah dimulai sejak tahun lalu sebelum Asian Para Games 2018. Nah, tahun ini dimulai lagi salah satunya Kejuaraan Dunia di Glasgow, Skotlandia, bulan ini," kata Jendi kepada detikSport, Kamis (4/4/2019).

Jendi dipersiapkan untuk mengikuti dua nomor yaitu nomor lomba 100 meter gaya punggung dan 50 meter gaya bebas. Peraih medali emas Asian Para Games 2018 ini terus menggebernya dengan latihan.




"Persiapan terus dilakukan. Selain itu, di sana juga saya mendapatkan waktu adaptasi karena jadwal pertandingan saya mulai 27 dan 28 April. Artinya masih ada waktu," sambungnya.

Perenang asal Palembang ini mengakui tantangan terberat pada kejuaraan tersebut banyak dari perenang-perenang Eropa. Apalagi karena sudah semakin dengan dengan Paralimpiade 2020 Tokyo.

"Mereka itu merata kekuatannya. Maka itu semoga saya bisa masuk final dan mendekati limit yang dibutuhkan."




"Saya fokusnya di nomor 100 meter punggung. Semoga bisa menyamai catatan waktu terbaik saya di Berlin 1,06 detik," paparnya.

Setelah Glasgow, Jendi juga akan turun di kejuaraan lain di Singapura pada 10 Mei mendatang.

"Fokus satu persatu. Ya paling enggak kami maksimal dulu. Jangan terlalu dipikirkan keduanya nanti kita yang fatal," demikian dia.


(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com