detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 20 Jun 2019 16:34 WIB

Bahu Masih Belum Luwes, Siman Hanya Patok Medali di Universiade

Mercy Raya - detikSport
I Gede Siman Sudartawa akan ikut kejuaraan di Italia (Agung Pambudhy/detikSport) I Gede Siman Sudartawa akan ikut kejuaraan di Italia (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - I Gede Siman Sudartawa akan melawat ke Italia untuk menjalani uji coba di Universiade. Ajang internasional ini menjadi ujian pertama usai penyembuhan cedera bahu.

Universiade 2019 akan berlangsung di Naples, Italia, 3-14 Juli. Siman menjadi salah satu yang diproyeksikan ke ajang yang mempertandingkan 15 cabang olahraga tersebut.

Bagi Siman, Universiade merupakan ujian internasional pertamanya sejak pemulihan cedera bahu kanan yang masih dibekapnya sejak Asian University Games Desember 2018. Dia akan turun di dua nomor 50 meter dan 100 meter punggung.




"Sudah lumayan. Sudah latihan sebulan. Cuma ada sedikit lagi yang masih terasa kalau lagi latihan renang punggung. Tapi oke lah masih bisa latihan," kata Siman kepada detikSport, Kamis (20/6/2019).

"Tinggal sedikit lagi. Ibarat benda ya belum lemas semuanya, gerakannya belum enak banget, masih ada beberapa gerakan yang belum luwes dan masih terasa," dia menjelaskan.




Siman terakhir kali menjalani uji coba lokal saat di Festival Akuatik Indonesia (FAI) April 2019. Catatan terbaiknya 26,10 detik. Dia berharap di Universiade bisa memberikan waktu yang lebih baik.

"Inginnya mendapat medali di nomor 50 meter gaya punggung karena menurut waktu bisa tapi karena cedera lihat nanti catatan waktunya, 25 kecil. Sekalian mau lihat sampai mana perkembangan latihan saya, soalnya kalau sprinter penting, lumayan buat mental juga."

"Soalnya setelah itu akan ada Kejuaraan Dunia juga di Korea, kemudian fokus training camp ke Amerika, dan SEA Games puncak, lalu Olimpiade 2020," demikian dia.


(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed