detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 05 Jul 2019 07:12 WIB

Pelatnas Basket 3x3 untuk SEA Games 2019 Memasuki Seleksi Tahap Kedua

Mercy Raya - detikSport
Timnas basket 3x3 akan gelar seleksi tahap kedua. (Foto: Rifkianto Nugroho) Timnas basket 3x3 akan gelar seleksi tahap kedua. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Pemusatan latihan tim nasional basket 3x3 untuk SEA Games 2019 sudah berjalan sejak Mei. Setelah sejumlah evaluasi, kini akan ada seleksi tahap kedua.

Pelatnas basket 3x3 tahap pertama telah dimulai sejak Mei lalu. Delapan pemain sudah terpanggil, mereka adalah Tricia Mary Aoijs, Leonita Angela, Jasmine Isabelle, Deniece Adriana Gunarto, Delaya Maria, Christie Apriani Rumambi, dan Dewa Made Ayu Sriartha.




Mereka juga sudah melakoni uji coba pertamanya di Kejuaraan Dunia, Belanda, pada 18-23 Juni. Indonesia yang tergabung di Grup D bersama Italia, Rusia, Selandia Baru, dan Ukraina gagal lolos fase grup.

"Untuk putri memang kami sudah mulai seleknas sejak lama. Nah, dari hasil Kejuaraan Dunia kemarin kami akan memangkas menjadi enam, kemudian seleksi tahap kedua kami akan panggil delapan pemain lagi dan mulai latihan pekan depan," kata pelatih Anthony Gunawan ketika ditemui di kawasan FX, Sudirman, Kamis (4/7/2019).

Di seleksi tahap kedua ini tim pelatih sudah punya modal dari hasil di Belanda. Artinya sudah ada pengetahuan akan kebutuhan-kebutuhan tambahan untuk tim ke depannya.

"Di Belanda itu kami memang bertanding dengan tim yang dalam sejarahnya sangat bagus. Ukraina itu finalis Piala Dunia 2016, Selandia Baru juara Asia tahun lalu, kemudian Rusia juara dunia 2017, Italia juara dunia 2018. Jadi kami bertanding bersama juara-juara dunia," Anthony menjelaskan.




"Namun, di sini progres yang kami lihat di pertandingan itu, dua sampai empat pemain itu naik secara statistik. Maka itu, kami perlu mempersiapkan pemain secara fisik, karena secara fisik kita kemarin memang belum siap, kami memang dua atau tiga minggu baru kumpul. Jadi untuk fisik memang tidak akan cukup mengejarnya. Kemudian penguatan lowerbody pun akan kami persiapkan, sementara sisanya ya chemistry."

"Salah satunya kami akan ambil IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019. Pemain putri sebenarnya kami sudah terbayang sih pemainnya siapa saja, karena radarnya sudah jelas," ujar dia.

Menyoal target, Anthony cukup optimistis Indonesia bisa merebut medali emas di SEA Games 2018. Namun demikian Filipina dan Thailand diperkirakan jadi lawan berat.




"Kami sudah memetakan Filipina pemainnya siapa, dan secara permainan kami juga cukup baik, begitu pun dengan head to head, kami masih bisa," kata Anthony.


Pelatnas Basket 3x3 untuk SEA Games 2019 Memasuki Seleksi Tahap Kedua


Simak Video "Menpora Boyong Pemenang Piala Presiden eSports ke Pelatnas SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed