detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 01 Agu 2019 21:35 WIB

Eki Febri Raih Emas dari Tolak Peluru di Kejurnas Atletik

Mercy Raya - detikSport
Eki Febri meraih emas dari tolak peluru putri di Kejurnas Atletik 2019. (Grandyos Zafna/detikSport) Eki Febri meraih emas dari tolak peluru putri di Kejurnas Atletik 2019. (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Atlet tolak peluru putri, Eki Febri Ekawati, menjadi terbaik di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2019. Puas dengan medali emas, namun Eki kecewa karena tolakan jauh dari angka terbaik.

Eki yang mewakili Jawa Barat tampil di final tolak peluru putri senior di Stadion Atletik Pakansari, Cibinong, Bogor, pada Kamis (1/8/2019). Dia bersaing dengan lima atlet dari daerah lain.

Dari enam kesempatan tolakan, Eki membuat tolakan terjauh yakni 14,39 meter. Angka itu pula yang mengantarkan dia meraih medali emas di Kejurnas.


Sementara peraih medali perak dan perunggu direbut atlet asal Nusa Tenggara Barat, I Dewe Ayu Ita Ary dengan tolakan sejauh 12,71 meter dan Ni Putu Yogiswari dengan tolakan sejauh 11,86 meter.

Meski menjadi yang terbaik, Eki mengaku tak sepenuhnya puas. Dia menargetkan tolakan pelurunya bisa menembus angka 15 meter atau menyamai hasil SEA Games 2017 Malaysia, 15,39 meter.

"Sebenarnya pertandingan tadi ya lumayan berjalan lancar meski prestasinya jauh dari yang saya harapkan. Ya, mungkin persiapannya yang kurang matang," kata Eki usai tampil.

Meski demikian, Eki juga tetap senang karena catatan lemparannya masih melampui batas limit yang diberikan PB PASI yaitu 14,19 meter.

Sebagai gambaran, PASI menggunakan Kejurnas untuk menyeleksi atlet pelatnas menuju SEA Games 2019 Filipina.

"Kalau saya pribadi menilainya fair saja sih. Toh, ada limit yang harus dikejar, ya lihat itu saja acuannya untuk kami, atlet, berprestasi di sini," ujar dia.

"Saya pun ikut ini karena sebagai seleksi terakhir untuk SEA Games dan menyisakan tiga bulan lagi. Satu sisi, pesaing saya juga tidak ada di sini, padahal hal itu perlu untuk memacu kami," dia menambahkan.



Simak Video "Peraih Perunggu SEA Games 1976 Dibuat Tersenyum oleh Menpora "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED