detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 19 Sep 2019 11:56 WIB

Imam Nahrawi Tersangka Korupsi, Persiapan SEA Games 2019 Jalan Terus

Mercy Raya - detikSport
Menpora Imam Nahrawi (Ari Saputra/detikSport) Menpora Imam Nahrawi (Ari Saputra/detikSport)
Jakarta - Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, menjamin persiapan Indonesia menuju SEA Games 2019 Filipina jalan terus. Pelatnas tak terpengaruh penetapan Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus korupsi.

Imam ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (18/9/2019). Sebelumnya, sejumlah pejabat Kemenpora dan KONI Pusat telah divonis oleh Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi beberapa waktu lalu.

Imam kemudian memutuskan mundur dari jabatannya sebagai menpora. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (19/9/2019).


Situasi itu dikhawatirkan menganggu pelatnas cabang olahraga menuju SEA Games 2019 yang dilangsungkan mulai 30 November hingga 11 Desember. Gatot meyakinkan publik kalau pelatnas tak akan terpengaruh. Begitu pula hajatan lain, di antaranya, persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023, Kongres PSSI pada November, serta Pekan Olahraga Nasional 2020 Papua.

"Buktinya nomor satu, Bapak Menteri kan fokusnya kepada KPK, kalau yang lain bisa diwakilkan kepada kami dan rekan-rekan yang lain. Contohnya, nanti malam ada pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Seluruh Indonesia (Pomnas) kan? Saya kemarin sudah ditelpon Bapak rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), nanti kalau tidak ada arahan lain mungkin saya mewakili beliau. Agenda tetap berjalan seperti biasa," kata Gatot kepada pewarta di Kantor Kemenpora, Kamis (19/9/2019).

"Sebetulnya kan, kami itu ada empat persiapan yang sangat penting. Untuk SEA Games, kami sudah koordinasi dengan ketua KOI langsung via telepon, karena waktunya sudah mepet, tapi alhamdullillah kan Chief de Mission juga sudah ditetapkan. Kemudian kami tinggal koordinasi dengan cabor2 persiapannya," dia menjelaskan.

"Kita juga tahu nanti tahun 2023 ada FIBA, piala dunia untuk basket. Kami sudah konsolidasikan internal agar itu tetap jalan. Kemudian yang ketiga, Kongres PSSI, ini tetap jalan. Terakhir, yang sangat penting juga adalah PON terkait persiapan tetap on progress," ujar dia.

"Tidak juga (terpengaruh). Kita bicara sistem ya. Selama ini sudah jalan dan bahkan tanpa diketahui oleh media pun. Kemarin kami rapat dengan pihak terkait masalah PON dan hasil tetap kami laporkan ke Pak Menteri," dia menambahkan.



Imam Nahrawi Tersangka Korupsi, Persiapan SEA Games 2019 Jalan Terus


Simak Video "Keuangan Kemenpora WDP, BPK Tepis Terkait Kasus Imam Nahrawi"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com