detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Nov 2019 21:26 WIB

Dengan Target 45 Emas, Indonesia Diprediksi Sulit Capai 4 Besar SEA Games

Femi Diah - detikSport
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah menurunkan target jumlah medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Padahal, dengan target awal 54 keping emas, target empat besar dinilai tak masuk akal.

Dengan kontingen gemuk, 1.349 orang, Indonesia mematok target 45-50 medali emas, turun dari target awal 54 medali emas. Tapi, pemerintah berharap Skuat Merah Putih bisa memperbaiki peringkat dua tahun lalu, di urutan keempat, saat tampil di SEA Games.

Ketua Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia, Djoko Pekik Irianto, menilai target medali dan peringkat itu tak masuk akal.


"Fakta empirik menunjukkan bahwa untuk masuk empat besar SEA Games diperlukan sekitar 12 sampai 14 persen dari total medali yang diperebutkan. Di SEA Games 2019 itu memperebutkan 530 medali emas, artinya untuk meraih peringkat keempat dibutuhkan 63 medali emas (12 persen dari 530)," kata Djoko Pekik kepada detikSport, Kamis (14/11/2019).

"Jika target kontingen Indonesia hanya 45 medali emas maka hanya setara 8,4 persen berat untuk bisa di peringkat keempat. Kita lihat Saat SEA Games Kuala Lumpur, peringkat keempat ditempati Singapura dengan 57 emas atas setara 14,2 persen dari total medali emas yg diperebutkan saat itu 405 emas," dia menjelaskan.

Djoko, yang juga Ketua Umum KONI DIY, menilai dengan target 45 emas itu tak berimbang dengan jumlah atlet did alam kontingen. bahkan, dengan komposisi junior dan senior 60:40.

"Target 45 emas itu terlalu ringan, sehingga tidak memberikan daya dorong yang kuat untuk sukses Asian Games maupun Olimpiade ke depannya," dia menambahkan.



Simak Video " Atletik SEA Games Penuhi Target, PB PASI: Perlu Ada yang Diperbaiki"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com