detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 25 Nov 2019 13:08 WIB

Ini Dia Pembawa Bendera Indonesia di Defile SEA Games 2019

Mercy Raya - detikSport
Atlet polo air Ridjkie Mulia dipercaya menjadi pembawa bendera kontingen Indonesia pada defile SEA Games 2019.  (Robert Prezioso/Getty Images) Atlet polo air Ridjkie Mulia dipercaya menjadi pembawa bendera kontingen Indonesia pada defile SEA Games 2019. (Robert Prezioso/Getty Images)
Jakarta - Pemain Timnas Indonesia polo air, Ridjkie Mulia, dipercaya menjadi pembawa bendera Indonesia pada acara defile upacara pembukaan SEA Games 2019 Manila. Dia dinilai menginspirasi.

Pemilihan itu diumumkan oleh Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia ke SEA Games 2019, Harry Warganegara, Senin (25/11/2019). Harry mengatakan Ridjkie dipercaya karena prestasinya. Dia pernah berlaga di liga utama 2019 di Serbia, bersama tim VK Belgrade yang merupakan salah satu klub polo air yang bermain di Liga A.

"Dia pemain liga utama profesional di Eropa. Selain itu, dia sudah selesai bertanding tanggal itu. Makanya, saya ambil dari cabang water polo. Mudah-mudahan mendapat emas jadi ada nilai tambahannya lagi," kata Harry kepada detikSport.


Nantinya, Ridjkie akan didampingi rombongan atlet, ofisial, dan tim CdM sekitar 700 orang. Berbeda dari defile pada umumnya, para atlet tak akan menggunakan kostum khusus, melainkan baju training dari sponsor Yonex.

Sebagai gambaran, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan CdM telah bekerja sama dengan Yonex sebagai apparel resmi atlet di pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara tersebut.

"Ya, tidak apa-apa karena itu merupakan kesepakatan dengan sponsor dan sekaligus hemat biaya. Kami harus efisien yang penting target medali," dia menjelaskan.

"Tetapi ada beberapa dari kami ada yang pakai pakaian adat. Saya (CdM) pakai adat Lampung, ada juga yang mengenakan pakaian adar Sulawesi, Bali, pokoknya merepresentasikan keberagaman Indonesia. Tapi yang pakai kostum hanya tim headquarter. Jadi biar mereka (atlet) tak ribet juga, jadi simple mereka pakai training, bawa bendera kecil, dan kami yang pakai kostum," ujarnya.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com