detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 02 Apr 2020 15:28 WIB

Khawatir Virus Corona, Pekerja Bangunan PON Tiap Hari Cek Suhu Tubuh

Mercy Raya - detikSport
KONI Pusat mengunjungi Papua, 21-23 Maret 2018, dalam rangka rapat koordinasi persiapan PON 2020 Khawatir Bahaya Virus Corona, Pekerja Bangunan PON Tiap Hari Cek Suhu Tubuh (dok.KONI Pusat)
Jakarta -

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua tak menepis ada kekhawatiran bahaya virus corona. Mereka selektif mengecek kesehatan tubuh para pekerjanya.

Dengan PON masih teragendakan pada 20 Oktober hingga 2 November mendatang, Persiapan dari segi pembangunan venue PON 2020 Papua sampai kini masih terus berjalan. Meskipun virus corona belum juga kondusif di Indonesia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Papua Alexander K.Y. Kapisa mengatakan menyesuaikan keputusan bersama progres persiapan PON tetap dilaksanakan di daerah. Terutama berkaitan dengan venue yang tetap berjalan seperti biasa dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Puji Tuhan sejauh ini para pekerja di lapangan tetap bekerja dan belum ada yang terkena (terpapar Covid-19). Mereka dalam kondisi sehat semua. Sehingga pekerjaan dan pembangunan venue tetap berjalan dan sampai saat ini posisi sekitar 90 persen, baik venue yang dibangun APBN melalui Kementerian PUPR maupun APBD," Alexander menjelaskan kepada detikSport, melalui sambungan telepon, Kamis (2/4/2020).



Menyikapi bahaya penyebaran virus corona, Ketua Badan Penghubung Provinsi Papua ini mengatakan telah menyiapkan berbagai antisipasi.

"Kami mengedepankan protokol kesehatan, sehingga kami sangat selektif sekali. Dalam artinya, saya juga monitor terus setiap pagi bagaimana pekerja dicek kesehatannya. Cek suhu tubuh, kondisi sehat atau tidak, dan Puji Tuhan para pekerja sampai saat ini aman-aman saja.

"Tentu dari sisi kemanusiaan kami khawatir ya. Tapi efek yang besar itu ketika pemerintah Papua bersama-sama bersama Bupati membuat keputusan bersama untuk melokalisir wilayah, menutup arus penerbangan dan kapal penumpang, Itu sangat efektif sekali (buat kami) di Papua," tutupnya.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com