detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Mei 2020 14:05 WIB

Peralatan Bekas Asian Games Masih Tertahan di Bea Cukai

Mercy Raya - detikSport
Athletes and officials from Indonesia march during the opening ceremony of the SEA Games (Southeast Asian Games) at the Philippine Arena in Bocaue, Bulacan province, north of Manila on November 30, 2019. (Photo by TED ALJIBE / AFP) Peralatan bekas Asian Games 2018 masih tertahan di Bea Cukai. (Foto: AFP/ted Aljibe)
Jakarta -

Peralatan bekas Asian Games 2018 ada yang masih tertahan di Bea Cukai. Kewajiban membayar pajak dari para vendor ada yang belum terpenuhi.

Menpora Zainudin Amali mengatakan barang-barang bekas Asian Games itu tadinya akan digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Dengan begitu, pemerintah daerah dan pemerintah pusat tak perlu impor dari luar negeri.

Akan tetapi, barang-barang tersebut malah tidak bisa terpakai karena tertahan di Bea Cukai.

"Saya khawatir jika semakin lama di bea cukai barangnya bisa rusak, tidak bisa digunakan cabor, dan membebani gudang di sana," kata Amali dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI melalui aplikasi zoom, Senin (11/5/2020).

"Tetapi mereka (bea cukai) tak bisa mengeluarkan dari sana karena ada kewajiban vendor yang belum dipenuhi.

"Nah, kami sudah kirim surat kepada Menko PMK. Kami akan lihat keadaannya seperti apa," ujarnya.

Menteri asal Gorontalo itu sekaligus menjelaskan terkait alasan barang itu tertahan hingga dua tahun.

"Sejak awal tak boleh keluar. Tapi oleh permintaan panitia Asian Games ketika itu diizinkan digunakan, tapi setelah digunakan barang dimasukkan kembali ke gudang bea cukai.

"Nah, ini kami berusaha bisa dikeluarkan," kata politisi Golkar tersebut.

Indonesia di Asian Games menempati peringkat keempat klasemen akhir raihan medali. Kontingen Merah Putih mengoleksi 98 medali dengan rincian 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Kesuksesan itu tak diiringi dengan cela dalam beberapa hal. Ada honor sebagian panitia Asian Games ada yang belum dibayar.



Simak Video "d'Rooftalk: "Tak Patah Semangat Juara Meski Corona""
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com