detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 09 Jun 2020 17:30 WIB

Menpora Izinkan Cabor Pelatnas Lagi, tapi...

Mercy Raya - detikSport
Menpora Zainudin Amali gelar rapat dengan para operator liga terkait virus corona. Menpora menyerahkan kebijakan penanggulangan corona kepada cabor masing-masing. Menpora, Zainudin Amali, akan langsung hentikan pelatnas kalau ada yang positif virus Corona. Foto: detikcom/Rengga Sancaya)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali mengizinkan cabang olahraga memulai pelatnas lagi. Tapi dia akan langsung menyetop jika ada yang terinfeksi virus Corona.

Selain tiga cabang olahraga yang tetap menjalani pemusatan latihan nasional sejak wabah penyakit COVID-19, hampir seluruh kegiatan olahraga sudah disetop.

Setelah hampir tiga bulan, gairah untuk menggulirkan aktivitas olahraga kembali tinggi. Hal itu seiring dengan kebijakan pemerintah yang menerapkan new normal secara bertahap.

Kemenpora, melalui Amali, telah menyampaikan akan memberi izin kepada induk cabor menggelar kembali pelatnas. Tapi didahului dengan pengajuan perencanaan kepada Kemenpora untuk diverifikasi dan disetujui.

Hanya saja sekali ada yang terkena virus corona, dia tak segan-segan untuk langsung menyetopnya. "Kami ada catatan kalau ada cabor yang tidak disiplin kemudian timbul ada yang terinfeksi maka akan kami hentikan pelatnas itu," kata menteri asal Gorontalo itu kepada pewarta di Kantor Kemenpora, Senayan.

"Kami menghindari sekali jangan sampai ada cluster baru yang berbahaya juga buat yang lain,"lanjutnya.

Politisi Golkar itu pun memberi saran untuk mengikuti cara tiga induk cabor yang dinilai sukses menjalani pelatnas meskipun dalam kondisi karantina tertutup. Seperti angkat besi, bulutangkis, dan menembak.

"Mereka sudah melakukan itu dan dilihat saja bagi yang mau mengajukan perencanaan kepada kami. Contoh saja cabor yang sudah melakukannya," imbuh dia.

"Tapi sampai sekarang belum ada yang mengajukan. Cabor renang saja kemarin (waktu pembukaan webinar short course atlet) melalui pelatihnya ingin sekali menggelar pelatnas tapi belum mengajukan sampai sekarang," katanya.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com