detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Jul 2020 20:17 WIB

Mengapa Mike Tyson Dijuluki Iron Mike?

Afif Farhan - detikSport
Mike Tyson setidaknya punya enam tato di tubuhnya. Tato di muka adalah yang paling terkenal dan jadi ciri khasnya. Apa arti dari tato tersebut? Mengapa Mike Tyson Dijuluki Iron Mike? (Getty Images/Chris Hyde)
Jakarta -

Jika bicara soal tinju, maka nama Mike Tyson adalah legendanya. Juluklannya, Iron Mike yang ternyata dirinya sendiri tak tahu apa artinya itu.

Mike Tyson mengejutkan dunia, sebab dirinya ingin kembali naik ring tinju di usia 54 tahun. Bukan untuk perebutan sabuk juara, tapi untuk pertandingan amal.

Lawannya nanti adalah Roy Jones Jr, seorang petinju yang berusia 51 tahun dan tak bisa dipandang sebelah mata. Roy Jones Jr pernah memenangi sabuk juara di empat kelas yakni middleweight, super middleweight, light heavyweight, dan heavyweight.

Duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr bakal digelar pada 12 September di Los Angeles. Rencananya bakal berlangsung delapan ronde.

Di usia kepala lima, Mike Tyson masih bertaji. Lewat video latihannya yang diposting di sosial media, Mike Tyson masih terlihat gahar dan lincah. Dia melakukan footwork yang cepat, gerakan waving yang mengecoh lawan, dan pukulannya masih wow!

[Gambas:Instagram]




Lewat perbincangan di acara The Tonight Show bersama Jimmy Fallon, Mike Tyson menjabarkan dirinya kembali siap bertarung. Dia sudah berlatih keras.

"Menyakitkan rasanya berlatih di usia sekarang ini. Tapi saya siap, lawan saya juga siap jadi ini akan jadi pertarungan yang seru," katanya.

Jimmy Fallon pun bertanya banyak soal segala hal tentang Mike Tyson. Termasuk soal julukan 'Iron Mike'. Dari mana sih julukan itu berasal?

"Nama itu diberikan oleh teman saya, Carlos Santos. Dia bilang 'saya akan membelikanmu baju bertuliskan Iron Mike'. Dari situlah, akhirnya semua orang memanggil saya 'Iron Mike'," jawab Mike Tyson.

"Saya sendiri tak tahu artinya," lanjut Mike Tyson sambil tertawa.

Akan tetapi, julukan tersebut langsung melekat padanya hingga kini. Banyak orang bilang, kata 'Iron' menggambarkan Mike Tyson yang kuat dengan pukulannya.

Mike Tyson sendiri merupakan petinju termuda yang pernah meraih sabuk juara kelas berat di usia 20 tahun. Meski bertubuh pendek, dirinya punya pukulan hook yang mematikan dan mampu mengalahkan lawannya di kelas berat yang tubuhnya besar-besar.



Simak Video "Mike Tyson Salat Berjemaah Jadi Perbincangan Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com