detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Jul 2020 21:20 WIB

Senjakala Khabib Nurmagomedov

Afif Farhan - detikSport
Senjakala Khabib Nurmagomedov (Getty Images/Francois Nel) Senjakala Khabib Nurmagomedov (Getty Images/Francois Nel)
Dagestan -

Khabib Nurmagomedov, petarung UFC ini masuk dalam fase senjakala. Dia mau pensiun, setelah dua pertarungan lagi.

Khabib Nurmagomedov bisa dibilang sebagai salah satu petarung UFC terbaik saat ini. Tak main-main, rekor kemenangannya 28-0 alias belum pernah kalah!

Petarung asal Dagestan, Rusia itu juga pemegang sabuk juara kelas ringan. Dirinya pernah mengalahkan nama-nama besar termasuk sang juara dua divisi, Conor McGregor.

Akan tetapi, 4 Juli kemarin, dirinya dirundung duka. Duka yang mendalam, sebab sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov menghembuskan nafas terakhirnya.

Abdulmanap diketahui menderita penyakit jantung yang tak kunjung sembuh. Dia tutup usia di umur 57 tahun.

Ditinggalkan oleh sang ayah, dinilai membuat Khabib Nurmagomedov lebih cepat pensiun dari UFC. Apalagi dia juga sudah tidak lagi muda, sudah berusia 31 tahun.

Abdulmanap Nurmagomedov, Khabib Nurmagomedov.Abdulmanap Nurmagomedov (kiri), mendiang ayahnya Khabib Nurmagomedov (Instagram @khabib_nurmagomedov)

Bagi Khabib Nurmagomedov, mendiang sang ayah adalah sosok terpenting dalam hidupnya. Termasuk dalam kariernya, sebagai petarung UFC.

Abdulmanap juga yang melatih gulat dan sambo kepada Khabib semasa kecil. Kala bertanding di octagon, 'The Eagle' juga selalu menginginkan kehadirannya.

"Khabib waktu kecil adalah anak yang sangat aktif. Saya mengajarinya bagaimana cara bertarung dan dia berlatih dengan sangat baik. Saya membesarkannya dengan cara seperti yang sudah diajarkan agama," tegas Abdulmanap suatu waktu kepada media Rusia, RT.

Khabib pun selalu berujar, dirinya tak akan bisa sesukses sekarang tanpa kehadiran sang ayahnya. Khabib begitu mencintainya.

"Khabib adalah orang yang sangat mencintai keluarga dan orangtuanya. Abdulmanap, ayahnya adalah sosok yang menjadikan Khabib sebagai petarung yang membumi," kata Daniel Cormier, rekan Khabib seperti dilansir ESPN.

Maka ketika sang ayah meninggal dunia, Khabib Nurmagomedov begitu terpukul. Dirinya remuk.

(Halaman selanjutnya, akhir karier Khabib di depan mata)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com