detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 24 Agu 2020 14:20 WIB

Lalu Zohri Cs Sempat Bilang Lupa Cara Lari

Mercy Raya - detikSport
Lalu Muhammad Zohri adalah pelari asal Indonesia. Dia berhasil meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior 2018 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Lalu Zohri Cs Sempat Bilang Lupa Cara Lari. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kondisi Lalu Muhammad Zohri cs bikin kaget Eni Nuraini, pelatih lari jarak pendek, saat pemusatan latihan nasional (pelatnas) atletik kembali dimulai bulan Agustus ini. Mereka sempat bilang lupa cara lari!

PB PASI memanggil 15 atlet dan 11 pelatih untuk menjalani pelatnas menuju Olimpiade dan SEA Games 2021, di Stadion Madya GBK. Sebelumnya, latihan sempat dihentikan imbas COVID-19 sehingga para atlet terpaksa dikembalikan ke daerah masing-masing dengan tetap dipantau programnya oleh pelatih.

Nah, masa empat bulan menjalani latihan individu di daerah ternyata sulit dijalani secara maksimal oleh para atlet. Hal itu diakui Eni Nuraini, pelatih elit regional, yang terkejut dengan kondisi Lalu Muhammad Zohri cs.

"Ternyata program yang diberikan ke daerah tak bisa dilaksanakan penuh. Jadi saat sampai di sini (Stadion Madya) banyak yang kurang-kurang dan ini jadi kesulitan tersendiri. Seperti Zohri itu banyak yang kurang," kata Eni kepada detikSport, Senin (24/8/2020).

"Secara otomatis program latihan harus dimulai dari awal lagi seperti penguatan, teknik, terutama sama sekali tak bisa lari itu yang menjadi kendala. 'Kok lupa ya lari bagaimana'. Itu kata mereka saat pertama kali latihan bersama," ujarnya.

Meski begitu, Eni memaklumi kondisi atletnya yang tengah beradaptasi. "Ya, kan pasti agak ebda. Sudah lama tidak pernah lari sprint 100 meter dan 200 meter. Tapi ini sudah masuk pekan ketiga sudah lumayan-lah penguatannya. Tapi progresnya sampai kini masih 50-60 persen," dia menjelaskan.

Eni yang pernah dinobatkan sebagai pelatih terbaik se-Asia 2019 ini juga beruntung karena belum ada jadwal baru perlombaan. Dengan begitu dia lebih leluasa mengembalikan teknik para atletnya.

Sebelumnya sejumlah agenda kejuaraan atletik ditunda. Yakni Kejuaraan Asia Indoor dan Kejuaraan Dunia Indoor di China yang seharusnya bergulir Februari dan Maret lalu.

"Kemungkinan Maret tahun depan akan ada lomba lagi. Ada Kejuaraan Atletik Relay juga yang memang jadwalnya tahun depan," ujarnya soal agenda Lalu Muhammad Zohri cs.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com