detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 26 Agu 2020 17:32 WIB

4 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Gowes Jarak Jauh

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikSport
gowes Foto: shutterstock
Jakarta -

Bersepeda saat ini menjadi tren baru untuk berolahraga sekaligus rekreasi di masa pandemi. Namun sebaiknya gowes tidak pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang. Gowes jarak jauh pun bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin sehat sekaligus terhindar dari penyebaran COVID-19.

Menurut Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, intensitas olahraga seperti gowes jarak jauh sebaiknya jangan dilakukan dalam satu sesi yang terlalu lama. Menurutnya lama waktu yang baik untuk olahraga seperti gowes adalah 150 menit per sesinya.

"Agar tidak terasa berat dapat juga dibagi menjadi beberapa sesi, misalnya 3-4 kali seminggu. Yang terpenting yaitu dilakukan secara rutin agar memberikan hasil yang optimal," ujar dr Adeline kepada detikcom baru-baru ini.

Adapun dalam gowes jarak jauh, pemilihan lokasi juga harus ditentukan sebelum dilakukan. Misalnya mengatur lokasi dengan jarak tempuh yang bisa dilakukan selama 150 menit. Ada baiknya juga memilih lokasi yang berada di zona hijau sehingga keamanan saat bersepeda lebih terjamin.

Selain itu, gowes jarak jauh juga membutuhkan persiapan yang matang agar aktivitas gowes dapat berjalan lancar. Dilansir dari laman bicycling, berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan saat ingin gowes jarak jauh.

Pelajari Teknik Gowes

Teknik gowes yang berbeda bisa membuat jarak yang jauh menjadi lebih mudah dilakukan dan menghindari kelelahan yang berlebih. Cobalah untuk belajar teknik candence atau irama bersepeda setidaknya 90 rpm untuk bersepeda jarak jauh.

Jangan Lupa Barang Penting

Barang-barang penting harus dibawa namun jangan semuanya karena berat berlebih justru akan membuat pegowes menjadi cepat lelah. Setidaknya bawa dompet dan smartphone untuk situasi emergency.

Gunakan Rule of Thirds

Bagi lokasi bersepeda menjadi tiga sesi dengan jarak lokasi yang berbeda. Sesi awal sebagai garis start dan sesi terakhir menjadi garis finish gowes jarak jauh. Setiap akhir sesi bisa digunakan untuk istirahat sejenak.

Makan Makanan & Minuman yang Cukup

Ketika bersepeda jarak jauh sediakan makanan dan minuman yang cukup. Setidaknya satu botol air dibutuhkan untuk diminum setiap jamnya. Selain itu pegowes juga bisa membawa camilan sehat yang lebih kecil dan ringan.

"Persiapan yang diperlukan yaitu harus pemanasan terlebih dahulu, bawa air minum, serta snack ringan, namun perlu diperhatikan juga untuk membawa hand sanitizer, gunakan masker dan bawa handuk sendiri," jelas dr Adeline.

"Jika di tengah olahraga merasa pusing ataupun mual, bisa diakibatkan karena hipoglikemia akibat kelelahan. Dapat mengonsumsi camilan sehat ataupun minuman isotonic agar kondisi tubuh kembali stabil," imbuhnya.

Nah, salah satu camilan sehat untuk menunjang nutrisi dan gaya hidup sehat Anda adalah Fitbar. Camilan ini mengandung Multigrain Premium seperti Australian Oats, Rice Crips, dan Cornflake yang menjadi sumber serat terbaik.

Selain itu, Fitbar juga lengkap dengan vitamin dan protein untuk memenuhi nutrisi harian. Fitbar praktis dan higienis untuk dikonsumsi saat Anda sedang asyik-asyiknya menikmati waktu gowes.



Simak Video "Kampanyekan Donor Darah & Masker, Kakek Ini Gowes Sepeda Bandung-Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com