detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 02 Okt 2020 12:20 WIB

Tunjukkan Progres, Dua Lifter Muda Dipuji Pelatih

Mercy Raya - detikSport
Rahmat Erwin Rahmat Erwin atlet PB Pabsi yang menunjukkan peningkatan signifikan. (Foto: dok.PABSI)
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) menggelar tes progres bulanan menuju Kejuaraan Dunia Junior dan Kejuaraan Asia Angkat Besi Senior 2021. Dua lifter muda mendapat nilai memuaskan.

Kedua lifter itu ialah Rahmat Erwin Abdullah dan Rizki Juniansyah. Keduanya menjalani tes angkat besi di Markas Komando Pasukan Marinir (Mako Pasmar) II, Jakarta Pusat, pada akhir September lalu.

Tes diikuti 12 atlet yang terdiri dari tujuh lifter putri dan lima lifter putra. Hanya satu lifter, Eko Yuli Irawan, yang absen karena sedang mengikuti prajabatan Kemenpora.

Dari hasil tes, Pelatih Kepala Angkat Besi Nasional Dirdja Wihardja mengapresiasi peningkatan para atletnya. Secara khusus ia memuji kemajuan dua atletnya, Rahmat dan Rizki.

Keduanya turun di kelas 73 kg bersaing dengan seniornya, Triyatno. Hasilnya, Rahmat menjadi yang teratas dengan angkatan total 338 kg. Rinciannya, snatch 148 kg, cleand and jerk 190 kg.

Menyusul di peringkat dua, Rizky membukukan total angatan 334 kg, dengan rincian 149 kg snatch dan 185 kg clean and jerknya. Sementara Triyatno hanya mencatatkan angkatan total 305 kg (snatch 135 kg, cleand and jerk 170 kg).

"Secara tim progresnya naik 70 persen tapi secara individu ada dua atlet yang angkatannya melampui rekor. Angkatan Rahmat berhasil melampaui rekor Asia junior, sedangkan Rizki lampaui rekor dunia junior 81 kg," kata Dirdja kepada detikSport, Jumat (2/10/2020).

Dengan progres itu, Dirdja kian optimistis lifternya bisa bersaing di Kejuaraan Asia Senior. Terlebih ajang itu merupakan bagian dari pengumpulan poin Olimpiade 2021.

"Terutama Rahmat Erwin karena di tahun depan naik level senior. Dia akan bersaing dengan atlet-atlet angkat besi yang lebih berpengalaman
. Dia bersama Nurul Akmal kami proyeksikan untuk menambah tiket Olimpiade," tuturnya.

Merujuk pada IWF.net, Rahmat berada di ranking 22 Kualifikasi Olimpiade kelas 73 kg. Hanya menurut aturan terbaru tiap kelas hanya bisa diwakilkan satu atlet tiap negara. Maka Rahmat naik ke peringkat 17 usai memangkas wakil-wakil dari China, Jepang, dan Uzbekistan yang secara peringkat meloloskan lebih dari satu lifter.

Angkat besi Indonesia sejauh ini sudah meloloskan dua wakilnya yaitu Eko Yuli Irawan (61 kg) dan Windy Cantika Aisyah (49kg).

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com