detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 29 Okt 2020 20:05 WIB

PFL Susul UFC dan ONE Championship ke Indonesia?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Profesional Fighters League Professional Fighters League 2021 bakal ke Indonesia gak? (dok.Professional Fighters League)
Jakarta -

Dua ajang olahraga beladiri campuran, UFC dan ONE Championship lebih dulu tenar di Indonesia. Kini ada satu lagi bakal menyusul, Professional Fighters League (PFL) namanya.

UFC tak dipungkiri adalah olahraga tarung bebas paling top saat ini dengan sederet bintang di dalamnya, termasuk kini Conor McGregor dan Khabib Nurmagomedov. Dana White sebagai Presiden UFC meraup untung begitu banyak dari ketenaran olahraga itu.

Maka wajar jika UFC lebih banyak dikenal oleh masyarakat lokal Indonesia karena sudah lebih dulu beredar sejak 2003. Setelah UFC, ada lagi olahraga bela diri campuran lainnya, yakni ONE Championship yang dulunya bernama ONE FC. ONE FC juga berkembang pesat sehingga mulai dikenal di Indonesia dalam 3-4 tahun terakhir ini.

Nah, orang di balik meroketnya UFC dan ONE Championship itu adalah Loren Mack, yang memang memegang strategi penting dalam hal promosi. Kini Loren Mack sudah pindah ke Profesional Fighters League (PFL).

Olahraga asal Amerika Serikat ini baru dibentuk dua tahun lalu oleh tiga orang bernama Donn Davis, Russ Ramsey, dan Mark Leschly. Dimiliki oleh MMAX Investors, Peter Murray ditunjuk sebagai CEO-nya.

Nah, untuk musim 2019, ada 68 petarung yang masuk di enam kelas berbeda termasuk kelas ringan wanita. Ada kelas bulu, kelas ringan, kelas welter, kelas menengah, kelas light-heavyweight, dan kelas berat.

Sayangnya karena pandemi virus corona, ajang PFL 2020 dibatalkan dulu dan para petarung yang ada di kabarnya dibayar 1.000 dolar AS per bulannya sebagai pengganti uang pertandingan.

Dengan kondisi pandemi yang belum menentu, PFL kini fokus untuk persiapan musim 2021. Rencananya musim reguler PFL 2021 akan dimulai pada 23 April 2021 yang dilanjutkan 29 April, 6 Mei, 10 Juni, 17 Juni, dan 25 Juni.

Lalu bakal ada juga fase playoff dan championship, seperti halnya olahraga Amerika Serikat kebanyakan.

"Dengan ekspansi global PFL yang saat sekarang target untuk masuk pasar Mixed Martial Arts (MMA) Asia, maka tidak akan lama lagi juga akan masuk di Jakarta yang merupakan salah satu pasar yang paling pesat di Asia dan kami akan mengundang secara hormat Ade Rai menjadi tamu VIP kami," kata Loren Mack selaku Vice President PFL dalam rilis kepada detikSport.

Nah, ada rencana PFL juga ingin memasuki pasar Asia, khususnya Indonesia tahun depan mengingat peminat MMA di sini begitu besar. Maka dari itu, PFL mulai ancang-ancang untuk melakukan promosi dalam skala kecil. Salah satunya dengan menggandeng binaragawan terkenal Indonesia dan ahli kesehatan Ade Rai.

[Gambas:Youtube]



"Selamat kepada PFL. Dengan ketulusan saya berharap PFL untuk terus mempromosikan olah raga yang menjunjung tinggi keadilan dalam menilai sekaligus penyelenggaraan yang profesional. Lalu, secara bersamaan memperhatikan para atletnya baik dari sisi kesejahteraannya maupun kesehatannya. Sukses selalu untuk liganya, para partner, sponsor dan para atlet," papar Ade Rai.



Simak Video "Khabib Nurmagomedov Tepis Rumor Comeback!"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com