detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 31 Okt 2020 12:36 WIB

Round-up

Khabib Nurmagomedov: Pensiun lalu 'Injak' Macron

Tim detikcom - detikSport
Jakarta -

Dalam sepekan terakhir Khabib Nurmagomedov jadi buah bibir. Mulai dari pertarungan lawan Justin Gaethje dan pengumuman pensiun, lalu aksi 'injak' muka Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Akhir pekan lalu tersaji duel Khabib Nurmagomedov Vs Justin Gaethje di partai utama UFC 254 'Fight Island'. Di ronde kedua, Khabib dinyatakan sebagai pemenang lewat submission triangle choke yang bikin Gaethje tak berdaya.

Terselip pula momen tak biasa pada saat itu. Khabib Nurmagomedov tak melakukan perayaan dan malah menuju ke tengah ring untuk bersimpuh. Ia rupanya meneteskan air mata.

Hal ini rupanya tak lepas dari luapan emosi petarung 32 tahun asal Dagestan tersebut, setelah menjalani pertarungannya tanpa ditemani ayahnya. Laga ini memang beda buat Khabib karena tak lagi ditemani Abdulmanap, sang ayah yang tutup usia bulan Juli lalu.

Drama lantas berlanjut. Khabib Nurmagomedov, yang di laga itu baru saja memperpanjang rekor tak terkalahkannya jadi 29-0 dalam karier profesional di dunia MMA termasuk UFC, mengumumkan pensiun.

Keputusan pensiun Khabib erat kaitannya dengan ketiadaan sang ayah. Ia rupanya juga sudah berjanji kepada sang ibunda, bahwa laga lawan Justin Gaethje menjadi yang terakhir. Sang ibu merasa tak rela jika putranya itu tarung lagi tanpa ditemani ayahnya.

[Gambas:Video 20detik]



Setelah keputusan pensiun tersebut, Khabib Nurmagomedov didaulat UFC menjadi petarung terbaik dalam daftar teranyar peringkat petarung pound-for-pound (P4P) di UFC. Hal ini sesuai dengan keinginan yang ia ucapkan usai menang dalam UFC 254.

"Aku cuma ingin satu hal dari UFC, kalian menempatkanku sebagai petarung pound-for-pound nomor 1 di dunia karena aku pantas mendapatkannya," kata Khabib usai mengalahkan Gaethje.

Namun, pengumuman tersebut tak diterima dengan baik oleh semua kalangan. Salah satunya Jon Jones, yang merasa Khabib tidak pantas menempati posisi tersebut. Apalagi yang kena geser dari posisi teratas adalah dirinya sendiri!

Jon Jones, yang merupakan salah satu jawara paling top di UFC, juga menggugat munculnya opini mengenai Khabib Nurmagomedov sebagai Greatest of All Time alias GOAT. Menurut Jones, predikat itu makin tidak pantas.

"Saya berbicara kepada Anda semua fans Khabib di luar sana. Lima belas gelar dunia dibandingkan dengan empat gelar milik idola Anda. Kalian bercanda kan? Lima belas dibanding empat. Apa kalian bercanda?" kata Jon Jones.

"Satu-satunya orang yang mungkin bisa kembali dan menantang rekor saya atas apa yang telah saya lakukan di UFC mungkin Georges St-Pierre. Dia harus kembali dan memenangkan dua pertarungan gelar untuk menyamai saya," lanjutnya.

"Dan, saya bahkan belum pensiun. Saya berusia 33 tahun, saya sudah menjalani seluruh bagian. Kalian gila juga, saya sangat mencintai kalian semua, dan semoga hari kalian semua menyenangkan," sebut Jon Jones saat itu.

Ya, Jon Jones memang masih aktif sedangkan Khabib Nurmagomedov sudah mengumumkan pensiun. Tapi pada prosesnya ada kabar bahwa ada kemungkinan Khabib bisa balik lagi. Itu jika merujuk pada keyakinan Presiden UFC Dana White.

[Selanjutnya: Potensi Khabib batal pensiun dan postingan soal Macron]

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com