detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 02 Nov 2020 16:15 WIB

Dicari! Bibit Pedayung untuk SEA Games 2021

Mercy Raya - detikSport
Sejumlah atlet dayung DKI Jakarta berlatih di kawasan Kanal Banjir Timur. Latihan itu digelar sebagai persiapan jelang PON 2020 di Papua. PB PODSI mencari bibit pedayung untuk SEA Games 2021. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) berencana menggelar seleksi nasional pada awal Desember. Hal itu dimaksudkan untuk mencari sekaligus menyaring pedayung potensi untuk SEA Games 2021.

Pelatih nasional dayung, Muhammad Hadris, mengatakan SEA Games Vietnam akan mempertandingkan 16 nomor event khusus cabang rowing.

Sedangkan atlet yang saat ini tersedia hanya sembilan, itu pun mereka akan difokuskan lebih dulu menuju Olimpiade Tokyo tahun depan.

PODSI masih kekurangan atlet muda untuk melengkapi nomor yang akan di pertandingkan di mutlievent Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

"Kalau memungkinkan kita bisa ikut semua makanya kami gelar Seleknas ini, mana tahu ada atlet berkualitas untuk komposisi SEA Games nanti," kata Hadris kepada detikSport, Senin (2/11/2020).

Saat ini, kata Hadris, PODSI melalui wakil ketua umum, Budiman Setiawan, telah bersurat kepada pengurus provinsi daerah untuk menyiapkan atletnya menuju seleksi itu.

"Atlet yang diincar sudah ada, artinya kami panggil ada yang eks Asian Games 2018, eks SEA Games, yang sekarang berlatih di daerahnya tentu mereka punya kemauan untuk bisa memperkuat Timnas kembali," dia menuturkan.

"Kalau kita totalin mungkin lebih dari 20 atlet (yang kami siapkan untuk SEA Games) jika ingin ikut semua nomor. Jadi minimal satu atlet satu nomor, dan ada juga beregu." lanjutnya.

Adapun pelaksanaan seleknas rencananya berlangsung di Situ Cipule, Karawang. Tapi khusus untuk atlet proyeksi Olimpiade akan dites di Jatiluhur.

"Kemungkinan besar atlet yang masuk skuad SEA Games ini ialah mereka yang sekarang ini sedang berlatih (untuk persiapan Olimpiade) karena mereka berlatih lebih awal ketimbang atlet lain. Makanya, seleknas ini buat tambahan tim yang sudah ada," ujarnya.

Diketahui pada SEA Games 2019, rowing Indonesia menyumbang tiga medali emas dan dua medali perak. Pundi-pundi emas itu dipersembahkan Mahendra Yanto dan Ihram dari nomor lightweiught double sculls men, Denri Maulidzar al Ghiffari dan Ferdiansyah di nomor pairs men, serta pairs women atas nama Julianti dan Yayah Rokayah.



Simak Video "Ronaldo Sumbang Gol, Juventus Menang 3-0 dari Dynamo Kiev"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com