detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 13 Nov 2020 15:40 WIB

Menpora: Sumut 'Gudang' Atlet Berprestasi

Alfi Kholisdinuka - detikSport
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu gudang atlet berprestasi. Foto: Dok. Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu 'gudang' atlet berprestasi. Hal itu terlihat dari berbagai perlombaan nasional, atlet dari Sumut selalu menjadi yang diperhitungkan di luar Jawa.

"Sumatera Utara menjadi salah satu tujuan tempat uji publik grand desain keolahragaan nasional, dan kita tahu ini adalah gudang atlet berprestasi dari beberapa cabang olahraga. Ketika ada PON, Sumut menjadi salah satu daerah yang terbaik di luar Jawa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Ia mencontohkan salah satu atlet terbaik di Sumatera Utara adalah Egy Maulana Vikri. Pesepak bola binaan Kemenpora ini meniti karir di Eropa dan memperkuat klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Selain itu, ada kapten Timnas U-19 Indonesia, David Maulana. Kemudian juga ada Lindswell Kwok, atlet wushu dengan prestasi mendunia yang kini sudah pensiun.

"Maka, bagi kami, peta olahraga nasional, Sumatera Utara adalah daerah yang penting sebagai penyumbang atlet dan talenta yang luar biasa," imbuhnya saat uji publik grand desain keolahragaan nasional di JW Marriott Hotel, Medan, Sumut kemarin.

Untuk itu, Zainudin mengajak seluruh stakeholder olahraga dan pihak terkait lainnya secara bersama-sama menyukseskan grand desain keolahragaan nasional.

"Saya optimis dan yakin bahwa Sumut bisa terus menyumbangkan atlet untuk Indonesia di berbagai cabang olahraga," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi langkah itu. Menurutnya, ini sejalan dengan apa yang diharapkannya terkait prestasi olahraga di Sumut.

"Kami berterima kasih, uji publik grand desain keolahragaan nasional diselenggarakan di Medan. Diharap pembinaan olahraga Indonesia semakin terarah menuju prestasi. Pembudayaan dan pemasyarakatan olahraga bertujuan agar masyarakat memiliki hidup sehat dan bugar," tuturnya.

Edy menilai pembinaan sejak usia dini harus dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Selain itu, revitalisasi pembinaan olahraga juga penting dilakukan agar prestasi yang didapat semakin terarah.

"Dengan perbaikan pembinaan olahraga, maka olahraga prestasi bisa terarah. Sebelum mengakhiri ini, kami mohon dukungan dari Pak Menpora atas terpilihnya Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah bersama PON 2024," pungkasnya.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com