Yang Viral di 2020: Petarung MMA Ganyang Jawara Kung Fu

Kris Fathoni W - Sport
Rabu, 30 Des 2020 19:20 WIB
Kung Fu
Yang Viral di 2020: Petarung MMA Ganyang Jawara Kung Fu. Foto: internet/YouTube
Jakarta -

Dua petarung MMA viral di tahun 2020 ini, sama-sama lantaran mengganyang jawara kung fu. Salah satunya bahkan sudah ngetop melakukan aksi ganyang-mengganyang semacam itu.

Satu video viral tersebut hadir medio bulan Mei lalu. Dilansir South China Morning Post, ada jagoan tai chi Ma Baoguo (69 tahun) yang berduel dengan seorang petarung MMA Wang Qingmin (49 tahun).

Adegan pertarungan itu menjadi viral karena si jagoan kung fu jadi bulan-bulanan Wang Qingmin, yang juga diketahui sebagai praktisi kickboxer. Ma Baoguo jatuh tiga kali dalam 30 detik. Pada momen kena hajar yang ketiga kalinya, ia terkapar. Petugas medis pun bergegas menghampiri.

[Gambas:Youtube]




Video kejadian ini sedemikian viral dan banyak dibicarakan. Berbulan-bulan setelah itu, pada bulan November lalu, Ma Baoguo si jagoan tai chi mengaku sudah tertipu. Ia bahkan mengklaim bisa dengan mudah membinasakan petarung MMA yang jadi lawannya jika serius.

"Aku biasanya berkompetisi di luar negeri. Aku ingin sedikit memperlihatkan (kemampuan) di China. Tapi aku jatuh ke perangkap. Aku ditipu. Lawan sama sekali tak punya etika bela diri," katanya kepada Pear yang dilansir Daily Mail.

"Kickboxing itu muncul entah dari mana dengan mencomot gerakan-gerakan gampang dari bela diri tradisional. Mereka pakai sarung tinju dan pengaman kepala, lompat-lompat dan memukul. Itu cuma sekadar hiburan."

Beralih ke kejadian viral lain, yang juga melibatkan praktisi kung fu dan petarung MMA. Sama hebohnya, apalagi yang muncul adalah Xu Xiaodong.

Sekadar informasi, nama Xu Xiadong beken dalam beberapa tahun terakhir. Instruktur MMA asal Beijing tersebut, yang memiliki julukan Mad Dog, populer setelah mengalahkan satu demi satu praktisi kung fu.

Pada akhir November lalu, Xu Xiadong menghadapi Chen Yong yang menjuluki dirinya sebagai pakar Tai Chi generasi keenam. Keduanya bertanding dalam arena yang mirip dengan MMA.

Duel ini pun berlangsung cepat. Lewat kombinasi tendangan dan jab, Xu Xiadong berhasil mendesak Chen Yong, yang lantas melambaikan tangan tanda menyerah.

South China Morning Post lantas menyebut, "Yong kemudian mengklaim bahwa matanya kena sinar matahari dan permukaan arena kelewat lunak, jadi sebenarnya ia tidak benar-benar kalah."

Apa iya? Coba simak adegan kung fu vs MMA yang juga viral di tahun 2020 itu dalam video berikut:

[Gambas:Youtube]




(krs/pur)