detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 06 Jan 2021 23:30 WIB

Kemenpora Upayakan Pencairan Anggaran 21 Cabor Cair Bulan Ini

Mercy Raya - detikSport
Lifter Indonesia Deni (tengah) memegang medali bersama lifter Vietnam Dinh Xuan Hoang (kiri) dan lifter Filipina Colona Nestor seusai upacara penganugerahan juara Angkat Besi 67Kg Putra SEA Games ke-30 di Stadion RSMC Nino Aquino, Manila, Filipina, Selasa (3/12/19). Deni berhasil meraih medali emas disusul lifter Vietnam Dinh Xuan Hoang meraih medali perak dan lifter Filipina Colona Nestor meraih medali perunggu . ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp. Kemenpora Upayakan Pencairan Anggaran 21 Cabor Cair Bulan Ini (Antara Foto)
Jakarta -

Kemenpora mengupayakan 21 induk cabang olahraga untuk kualifikasi Olimpiade mendapatkan anggaran pelatnas pada Januari ini. Saat ini mereka bersama tim pakar masih memverikasi.

Demikian disampaikan Deputi IV Kemenpora, Candra Bhakti, mengonfirmasi perkembangan proposal anggaran cabor di awal tahun.

"Jadi kami sekarang sedang mereview cabang-cabang olahraga yang berpotensi emas SEA Games 2021. Sekitar 18-21 cabor. Ini berdasar data kami, yang punya potensi emas dari hasil SEA Games 2019. Termasuk juga cabor yang sedang mempersiapkan kelanjutan kualifikasi Olimpiade," kata Chandra kepada detikSport, Rabu (6/1/2021).

"Jadi selain review kami lakukan seleksi untuk besaran anggaran (yang cabor dapatkan untuk tahun ini)," dia menambahkan.

Dijelaskan Chandra, pemerintah Indonesia menyiapkan anggaran untuk pelatnas tahun ini sebesar Rp 315 miliar. Jumlah itu ditujukan untuk cabor persiapan SEA Games, ASEAN Para Games, kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo.

Seperti diketahui, kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade berlanjut lantaran penundaan imbas pandemi COVID-19 yang terjadi secara global dan berkepanjangan. Olimpiade akan berlangsung 23 Juli-8 Agustus 2021 dari semula dijadwalkan 24 Juli- 9 Agustus 2020.

"Jadi bisa dibayangkan (itu dibagi ke cabor untuk dua event besar) sementara ini merupakan pelatnas jangka panjang," dia mengungkapkan.

Sementara itu, untuk jadwal anggaran dicairkan, Candra menjelaskan Januari ini sudah bisa dilakukan. "Tapi dalam konteks ini kami harus menyiapkan perangkat keuangannya, kemudian dari KPPN, aplikasinya 2021 sudah dibuka. Jadi semua harus sinergis," ujarnya.

"Kami akan upayakan 21 cabor ini bisa segera cair, beberapa di antaranya menembak, renang, panahan, angkat besi, rata-rata untuk kualifikasi Olimpiade."

"Hanya memang dalam suasana pandemi, situasi yang masih sama seperti 2020, tentu protokol kesehatan akan jadi prioritas dalam pelaksanaan," dia menegaskan.

(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com