ONE Championship: Petarung Indonesia Ini Bertekad Bangkit di Singapura

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 19 Jan 2021 22:00 WIB
Paul Lumihi, salah satu petarung Indonesia di ONE Championship
Paul Lumihi bertekad menumbangkan lawannya di ONE Championship bulan depan (DuxCarvajal)
Singapura -

Paul Lumihi kurang punya catatan bagus sejak debutnya ONE Championship. Maka dari itu, Paul bertekad membayar lunas di Singapura bulan depan.

Petarung berusia 33 tahun dari Manado, Indonesia ini melakukan debut promosinya pada tahun 2019, kalah dari rekan senegaranya, Sunoto, dalam tiga ronde. Dia kemudian kembali dengan dua pertarungan di tahun itu, tetapi dikalahkan Zhao Zhi Kang dan Li Kai Wen.

Tiga kekalahan beruntun itu tentu bukan awal yang baik bagi Paul yang sebenarnya punya misi untuk bisa bicara banyak di ONE Championship. Pandemi virus corona sepanjang tahun lalu membuat Paul gagal naik ring.

Nah, kesempatan untuk Paul datang ketika dia akan beraksi di ONE: UNBREAKABLE III, Jumat (5/2/2021) yang merupakan rangkaian dari tiga seri awal di 2021 ini. Petarung berjuluk The Great King itu berjanji untuk memberikan yang terbaik sekaligus menyudahi puasa kemenangannya itu.

"Saya menanggung kekalahan saya dengan berat. Namun, setelah mengalami itu saya merasa tidak apa-apa untuk kalah. Kalah adalah hal yang lumrah, sehingga itu tidak membebani saya. Saat ini saya hanya fokus untuk meraih kemenangan disini. Saya sangat optimis," kata Paul dalam rilis kepada detikSport.

"Terakhir kali saya di Circle, saya lebih fokus pada striking. Dalam ketiga kekalahan saya baru-baru ini, saya melihat bahwa saya sebenarnya memiliki kemampuan bertarung di bawah. Tapi saya tidak terlalu percaya diri dalam memanfaatkan keterampilan tersebut," sambungnya.

"Saya benar-benar telah mengasah kemampuan submission dan grappling saya. Saya ingin tampil menyerang menghadapi lawan saya, tetapi jika itu tidak menguntungkan bagi saya, memiliki keterampilan grappling akan sangat bagus. Saya ingin menunjukkan itu dalam pertarungan ini."

Untuk pertarungan nanti, Paul akan menghadapi Tial "The Dragon Leg" Thang dari Myanmar. Tial Thang sejauh ini belum terkalahkan dari dua laganya. Saat ini, Tial Thang bahkan berlatih di Sanford MMA, Florida, AS bersama mantan Juara Dunia ONE Aung La N Sang.

Paul Lumihi dan Tial Thang akan bertemu di kelas bantamweight yang dipertandingkan sebanyak tiga ronde. Paul akan menggunakan waktu tiga minggu ini untuk menyusun rencana demi mengalahkan lawannya itu.

"Saya selalu mempelajari laga saya sebelumnya, itu cara yang bagus untuk menyadari banyak hal. Saya melihat beberapa kesalahan, terutama di area grappling. Jadi saya tahu apa yang harus saya lakukan dalam pertarungan saya berikutnya. Tial Thang adalah pegulat yang baik, jadi pola pikir saya adalah mencoba mengalahkannya. Jika saya melihat ada kesempatan untuk menjatuhkannya, saya akan melakukannya," tutupnya.

ONE Championship tahun ini dibuka dengan ONE: UNBREAKABLE pada 22 Januari.

(mrp/mrp)