Khabib Nurmagomedov, Restu Ibu dan UFC

Afif Farhan - Sport
Kamis, 21 Jan 2021 22:30 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia celebrates his submission victory over Dustin Poirier Dustin of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Khabib Nurmagomedov, Restu Ibu dan UFC (Getty Images/Francois Nel)
Abu Dhabi -

Khabib Nurmagomedov dikabarkan ingin comeback lagi ke UFC. Hanya saja, restu dari ibunya belum turun.

Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun dari UFC di tahun 2020 kemarin. 'The Eagle' menutup karier dengan gemilang di ajang seni beladiri terpopuler sedunia itu, setelah mempertahankan sabuk juara kelas ringan mengalahkan Justin Gaethje di akhir bulan November.

Rekor kemenangan Khabib Nurmagomedov tidak main-main, 29-0 yang artinya 29 kali menang tanpa kalah di dunia tarung bebas. UFC pun menyematkannya sebagai pound-for-pound (P4P) alias petarung terhebat.

Khabib NurmagomedovKhabib Nurmagomedov pensiun dari UFC di tahun 2020 kemarin (Instagram/ufc)

Rumor Khabib Nurmagomedov mau comeback sudah bergulir deras. Pekan lalu, Khabib malah sudah bertemu dengan Presiden UFC, Dana White.

Dari hasil pertemuan itu, Dana White membeberkan kalau Khabib bisa saja comeback jika ada petarung yang dirasa kuat untuk melawannya. Itu merajuk pada UFC 257 antara Conor McGregor vs Dustin Poirier serta Dan Hooker vs Michael Chandler. Dua pertarungan tersebut akan digelar 24 Januari mendatang di Yas Island, Abu Dhabi.

"Jika mereka yang bertarung bisa melakukan sesuatu yang istimewa, Khabib akan bersedia bertarung melawan mereka," kata Dana seperti kepada ESPN.

"Apalagi, mendiang ayahnya ingin melihat Khabib memiliki rekor 30-0. Maka kami, akan melakukan segalanya," lanjut Dana.

Pelatih Khabib, Javier Mendez dari American Kickboxing Academy (AKA) baru-baru ini mengungkapkan satu syarat penting bagi Khabib untuk bertarung lagi di UFC. Itu adalah restu dari sang ibu.

"Khabib hanya akan bertarung jika ibunya merestui. Sampai sekarang, itu belum terjadi," kata Javier Mendez seperti dilansir dari RT Sport.

Khabib Nurmagomedov, Javier MendezKhabib Nurmagomedov dan Javier Mendez (Instagram/akajav)

Sepertii diketahui, Khabib Nurmagomedov pensiun dari UFC karena perintah dari ibunya. Sebab, ibunya tidak mau melihat Khabib bertarung lagi sepeninggalan sang ayah, Abbdulmanap Nurmagomedov.

Abdulmanap tutup usia karena penyakit jantung di awal bulan Juli 2020. Kala Khabib memenangi duel kontra Justin Gaethje, dia sendiri yang bilang hal tersebut.

"Ibu saya tidak mau melihat saya bertarung lagi setelah ayah meninggal dunia. Saya bilang pertarungan ini adalah yang terakhir dan dia mengiyakan. Maka saya, harus menepati janji kepadanya," terang Khabib.

Kembali ke Javier Mendez, dirinya menyebut kalau Khabib Nurmagomedov adalah pria yang memegang janjinya. Maka kini semuanya ada di tangan ibunya Khabib, apakah memberikan restu untuk comeback lagi ke UFC atau tidak sama sekali.

"Khabib mematuhi ibunya. Sekarang semua keputusan adalah dari ibunya," tutup Javier.

Banner Papan Atas EPL
(aff/krs)