Luhut Binsar Pandjaitan Jadi Ketua Umum PASI 2021-2025

Mercy Raya - Sport
Senin, 25 Jan 2021 12:55 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan menjadi ketum PB PASI periode 2021-2015. (Foto: detikcom/Anisa Indraini)
Jakarta -

Luhut Binsar Pandjaitan resmi menjadi Ketua Umum PB PASI periode 2021-2025. Ia didukung 34 pengurus provinsi.

Demikian disampaikan pesan singkat perwakilan PB PASI usai kongres PB PASI melalui Zoom, pada Senin (25/1/2021), pukul 09.00 WIB.

"Dalam kongres yang berlangsung lebih cepat dari yang dijadwalkan, siang ini Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan telah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PB PASI 2021-2025," kata Humas PB PASI, Hendri, dalam grup PASI yang diterima pewarta.

Kongres PB PASI dibuka secara resmi oleh ketua umum KONI Pusat Marciano Norman dan dipimpin plt ketua umum PB PASI Zacky Anwar Makarim.

Adapun agendanya yaitu memberikan laporan pertangungjawaban pengurus besar PASI 2016-2020, dan pemilihan ketua umum PB PASI yang baru. Selepas ditinggalkan almarhum H. Mohamad Hasan yang telah memimpin PASI selama 42 tahun, kepemimpinan PB PASI dipegang pelaksana tugas ketua umum Mayjen (purn) Zacky Anwar Makarim.

Kongres diikuti 34 Pengurus Provinsi PASI dan 1 pengurus Persatuan atletik Master Indonesia (PAMI) serta seluruh pengurus PB PASI.

Dalam sambutannya, Marciano meminta agar Kongres PASI 2021 dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang baik bagi dunia olahraga khususnya atletik Indonesia.

"Kami berharap, Kongres PASI menghasilkan keputusan terbaik khususnya dalam mendorong peningkatan prestasi atletik Indonesia yang lebih baik lagi," ujar Marciano dalam rilis resmi PASI.

Menurut Marciano, perubahan kepemimpinan di organisasi PASI diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik bagi dunia olahraga khususnya di atletik, termasuk peningkatan prestasi olahraga yang lebih baik.

Eks Ketua Badan Intelijen Negara ini berharap agar dalam kongres PASI 2021 didapat figur ketua umum PB PASI seperti Bob Hasan yang memiliki dedikasi dan totalitas dalam memajukan atletik Indonesia.

Sementara itu, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari yang ikut memberikan sambutan berharap agar kongres PASI bisa menghasilkan keputusan keputusan terbaik bagi atletik Indonesia dan olahraga nasional. Ia juga berharap atletik Indonesia ke depan bisa memberikan prestasi yang terbaik, baik di level regional maupun dunia. Pria yang akrab disapa Okto ini menyatakan komitmen NOC untuk terus memberikan dukungan kepada atletik Indonesia sebagai "mother of sports'.

Apalagi, menurut Okto, saat ini dari 4 atlet Indonesia yang sudah lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021, salah satunya berasal dari Atletik, yaitu sprinter Lalu Muhammad Zohri. "Dan semoga kongres juga menghasilkan kepemimpinan PASI yang terbaik," ujar Okto.

(mcy/cas)