Ini Cara Siman Sudartawa Hadapi Jadwal Padat di 2021

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 20 Feb 2021 06:05 WIB
I Gede Siman Sudartawa
I Gede Siman Sudartawa siap hadapi jadwal padat di 2021 (dok.Ajinomoto Indonesia)
Jakarta -

Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa punya sejumlah jadwal padat sepanjang tahun ini. Siman sudah tahu cara menghadapinya.

Pandemi virus corona sudah membuat kacau dunia olahraga karena banyak jadwal turnamen besar diundur termasuk Olimpiade 2020 ke tahun ini. Alhasil persiapan atlet sepanjang 2019 dan awal tahun lalu jadi sia-sia.

Ini pula yang dirasakan Siman beserta tim renang Indonesia yang dikomandoi Alberto Sutanto selaku pelatih. Siman adalah satu dari sejumlah atlet yang dipersiapkan meraih tiket ke Olimpiade 2020.

Selain Siman ada Triady Fauzi, Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas, dan Azzahra Permatahani. Barulah di awal tahun ini, tim renang Indonesia bisa berlatih rutin setelah ada lampu hijau dari pemerintah serta PRSI selaku federasi yang menaungi.

Nah, otomatis ketika persiapan mulai dilakukan, maka sejumlah agenda penting di dalam maupun luar negeri sudah menunggu Siman dkk. Itu artinya persiapan yang dilakukan lebih banyak ketimbang biasanya dan mereka harus bisa mengatur kondisi fisik serta psikisnya.

Untuk kondisi fisik, Siman memang punya target untuk mencapai berat badan ideal di rentang 72-75 kilogram. Maka hal yang diperlukan oleh Siman adalah asupan nutrisi yang tepat dari tim pelatih.

Apalagi tim renang Indonesia bakal kedatangan pelatih asing asal Australia Michael Piper untuk persiapan menuju kualifkasi Olimpiade 2021. Siman harus siap dengan "kejutan" yang diberikan oleh Piper.

"Tentunya diperlukan ledakan tenaga agar dapat menjadi yang paling cepat. Kombinasi berat badan yang sesuai dengan postur tubuh harus ideal," kata Siman dalam rilis kepada detikSport.

"Pihak Ajinomoto Indonesia sangat membantu dalam penyediaan makanan saya sehari-hari dimana kadar Karbohidrat, lemak dan protein sudah diperhitungkan secara ilmiah," sambungnya.

"Caranya dengan memperhitungkan kilo kalori tenaga yang terpakai sesuai dengan program kepelatihan. Semoga dalam waktu dekat kondisi tubuh saya dapat kembali seperti semula."

Siman Sudartawa sendiri punya target untuk bisa memecahkan rekornya sendiri di SEA Games 2019, saat meraih medali emas di nomor gaya punggung 50 meter. Dia membukukan waktu 25,12 detik, lebih baik dari sebelumnya 25,20 detik.

"Memang membutuhkan usaha dan displin untuk mencapai target latihan, selain komitmen dan disiplin dalam berlatih, komitmen dan disiplin dalam mengkonsumsi makanan juga diperlukan. Kita bisa melihat sudut pandang dari pelatih dan nutrisionis olah raga juga menu makanan yang aku konsumsi melalui artikel yang terbit dalam www.kachimeshi-indonesia.com," tutup Siman.

(mrp/raw)