detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Feb 2021 18:15 WIB

Bagaimana Nasib Proliga 2021?

Mercy Raya - detikSport
Pebola voli putri Jakarta PGN Popsivo Polwan, Novita Dinda (tengah) melakukan smes yang berusaha ditahan pebola voli putri Jakarta Pertamina Energi, Novi Merliana (kiri) dan Amasya Manganang (kanan) dalam pertandingan Final Four Proliga 2019 di GOR Ken Arok, Malang, Jawa Timur, Minggu (17/2/2019). Jakarta Pertamina Energi menang dengan skor 3-1 (25-16, 20-25, 23-25, 11-25). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww. Bagaimana Nasib Proliga 2021? (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.)
Jakarta -

Kompetisi Proliga musim 2021 belum bisa dipastikan bergulir dalam waktu dekat. PB PBVSI akan ambil keputusan usai rapat kerja nasional pada 27 Februari nanti.

Hal itu disampaikan Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, terkait ada tidaknya rencana federasi bola voli mengajukan izin gelar kompetisi bola voli ke pemerintah saat ini. Terlebih sepakbola sudah mendapatkan izin gelar turnamen dan akan menyusul bola basket pada Maret mendatang.

"Belum (ada rencana mengajukan). Masalah utamanya pasti pandemi. Kalau protokol kesehatan kan bisa adaptasi yang ada karena sudah banyak prokes dari Kemenpora segala macam. Tapi ini masalahnya pandemi dan kita harus menyukseskan program pemerintah juga. Makanya kita putuskan nanti saat di Rakernas 27 Februari ini," kata Hanny kepada detikSport, Selasa (23/2/2021).

Pertimbangan lain juga dijelaskan Hanny karena tahun ini cukup banyak agenda penting. Mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua Oktober mendatang dan SEA Games 2021 Vietnam pada November ini.

"Pasti atlet juga ada yang persiapan untuk Pelatda PON. Lalu ada Pelatnas juga, yang mana kita harus mempertahankan gelar emas putra di SEA Games. Itu kan lebih sulit daripada memperebutkan," ujarnya.

"Jadi di Rakernas ini kita lihat mana yang paling prioritas. Setelah itu kami rumuskan kapan bisa digelar karena harus singkron semua. Tak bisa Proliga mau gelar sendiri."

Meski begitu, Hanny tak menutup kemungkinan jika Proliga dapat dihelat tahun ini. Asalkan pandemi sudah turun dan klub bersedia.

"Karena menyelenggarakan kompetisi tak bisa mendadak. Paling tidak tiga bulan sebelum sudah dipersiapkan, atletnya juga disiapkan," dia menjelaskan.

"Kami juga tak mau berandai-andai. Kami mau lihat. Boleh dibilang kalau ada probilitas kemungkinan lebih besar yang mana," Hanny menegaskan.

Ketidakpastian digelarnya kompetisi sejatinya sudah mulai terasa sejak Proliga 2020 disetop sehubungan dengan pandemi Corona yang muncul pada Maret lalu.

Setelah itu, PBVSI mulai mengalihkan fokus ke perencanaan Proliga 2021 di Sentul mulai 31 Januari hingga 28 Februari. Tapi lagi-lagi batal berlangsung imbas wabah COVID-19.

Simak video 'Menpora Serahkan Izin Penyelenggaraan Pra Kompetisi Ke PSSI':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com