Buka Rapat NOC, Menpora Mau Indonesia Berprestasi di Olimpiade

Muhammad Robbani - Sport
Senin, 01 Mar 2021 16:55 WIB
Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali (dok Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali membuka Rapat Anggota Tahunan 2021 Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) di Jakarta, Senin (1/3/2021). Ia bicara soal Olimpiade.

"Olimpiade kami tempatkan menjadi sasaran utama. Sekaligus, untuk mengubah mindset kita. Sementara, Asian Games, SEA Games dan event lain menjadi sasaran antara," kata Amali dalam rilis Kemenpora.

"Mulai sekarang kami harus memposisikan bahwa target dan sasaran utama kami adalah Olimpiade dan yang lain adalah sasaran antara," tegasnya lagi.

Amali berjanji akan terus berjuang dan berusaha agar sukses berprestasi di Olimpiade 2032. Sebagaimana diketahui, Indonesia menyalonkan diri menjadi tuan rumahnya.

Sejak tahun 1952, prestasi Indonesia di Olimpiade cenderung naik-turun. Maka untuk Olimpiade 2032, pemerintah mematok target sementara yakni 10 besar.

"Kami akan berusaha untuk sukses penyelenggaraan dan juga sukses dalam prestasi. Tentu target harus realistis. Untuk sementara kita mencanangkan dalam posisi 10 besar," ucapnya.

"Kami mematok target 10 besar dan insya Allah bisa lebih dari itu. Kami sudah memetakan 14 cabor unggulan, yang dalam sejarah keikutsertaannya ke Olimpiade memberikan kontribusi prestasi dan potensi-potensi prestasi," tuturnya.

"Ini memerlukan kerjasama dan sinergi (NOC Indonesia, KONI pusat dan daerah, KORMI, NPC dengan tupoksi masing-masing) dan semua stakeholder olahraga."

Menpora Zainudin Amali(Screenshot)

Sementara itu, Ketum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari telah berusaha mengajak kepada semua federasi-federasi Asia, ASEAN, dan dunia untuk memprioritaskan Indonesia untuk mendapatkan tempat di setiap organisasinya.

"Jumlah populasi Indonesia nomor 4 dunia dan cita-cita kami untuk menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032, selayaknya Indonesia ditempatkan sejajar dengan negara besar lainnya," ujar Raja Sapta.

"Terima kasih kepada Pak Menpora dan jajarannya yang telah memperjuangkan dan merealisasikan vaksinasi atlet, pelatih dan tenaga pendukung khususnya untuk yang akan berangkat ke Olimpiade Tokyo 2021," katanya lagi.

IOC lanjutnya, sudah menyatakan bahwa Olimpiade Tokyo akan dilaksanakan sesuai jadwal yakni pada tanggal 23 Juli 2021 mendatang.

"Terima kasih sekali lagi untuk Pak Menpora, Kapolri, dan Satgas COVID-19 yang telah merealisasikan izin untuk kembali melaksanakan event olahraga. Ini penting karena untuk curi momentum menuju Olimpiade Tokyo," tutur Raja Sapta.

Simak juga video 'Presiden Olimpiade Tokyo Resmi Mundur, Buntut Ucapan Seksis':

[Gambas:Video 20detik]



(aff/cas)