ADVERTISEMENT

Menpora Ajak Seluruh Pihak Semangati Aprilia Manganang

Mercy Raya - Sport
Rabu, 10 Mar 2021 10:20 WIB
Atlet voli kekar.
Menpora Ajak Seluruh Pihak Semangati Aprilia Manganang (Instagram/manganang)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali meminta agar seluruh pihak menyemangati Aprilia Manganang menyusul statusnya kini menjadi laki-laki. Ia juga berharap agar si atlet berlapang dada.

Hal itu diungkapkan Amali usai mendapat kabar terkait identitas baru Aprilia Manganang.

"Kan KSAD sudah mengumumkan dia berjenis kelamin laki-laki setelah ada pemeriksaan yang menyeluruh di RSPAD. Saya kira itu hal tidak diketahui oleh publik maupun pimpinan cabor dan klubnya," kata politikus Golkar itu kepada detikSport, menyoal identitas Aprilia Manganang.

"Pihak Angkatan Darat saja juga baru tahu setelah hasil pemeriksaan itu. Saya hanya bisa berharap Aprilia bisa menerima kenyataan ini dengan lapang dada karena pasti dia juga tidak menyadari kondisinya itu," ujarnya.

"Kita harus beri semangat dia," Amali mengimbau.

Zainudin AmaliMenpora Zainudin Amali (Kemenpora)

Status Aprilia Manganang sebagai laki-laki disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menyoal banyaknya perbincangan tentang Sersan Dua (Serda) Aprilia.

Eks atlet voli nasional itu disebut kian hari semakin mirip laki-laki padahal selama ini dia dikenal publik sebagai atlet putri. TNI AD kemudian mengklarifikasi dan mengumumkan status Aprilia yang sebenarnya adalah laki-laki sejak lahir namun dengan kelainan hipopasdia.

TNI AD kemudian membantu Aprilia dalam hal corrective surgery sebanyak dua kali. Saat ini, Manganang sudah menjalani operasi tahap pertama dan masih menjalani pemulihan di RSPAD Jakarta.

Aprilia Manganang, andalan timnas voli putri pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur nanti.Aprilia Manganang (Femi Diah/detikSport)

Sebelumnya, rekan sesama atlet voli, Amalia Fajrina Nabila, juga ikut memberikan komentarnya sekaligus mengungkapkan pengalamannya selama pemusatan latihan nasional bersama Aprilia Manganang.

"Kalau kak April (Aprilia Manganang) sebagai person walau dia lebih tua dari saya di proliga maupun pelatnas, attitudenya bagus dan baik. Beberapa kali saya sebagai kapten, tapi dia cukup menghargai saya, walau dia lebih tua," kata Amalia kepada detikSport.

"Sikapnya kepada kami yang saya rasakan dari kak April, dia membatasi ruang gerak bareng-bareng sama kami. Kayak misalnya saat mau latihan dia pasti sudah siap duluan. Lalu mandi enggak bareng walau kita sama-sama di mess," sambungnya.

"Tapi ada beberapa momen ada ganti baju bareng. Karena kalau tanding di luar negeri kan berbeda ya. Momen-momennya bersama terus. Tapi lebih sering dia sudah siap lebih dulu," dia menjelaskan.

"Dengan adanya berita ini sudah seharusnya ke ranah PBVSI sebagai pengurus pusag. Pertanggungjawaban PB soal kak April bisa main di kancah internasional seperti dokumen kesehatan dia dan sebagainya. Itu balik lagi ke PB (yang bisa menjawab)," kata Amalia soal status Aprilia di tim voli putri sebelumnya.

Simak video 'Kilap Aprilia Manganang, Eks Pevoli Putri yang Dinyatakan Laki-laki':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT