detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 12 Mar 2021 12:40 WIB

Jonatan Christie Sampai Eko Yuli Ikuti Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua

Mercy Raya - detikSport
Atlet bulutangkis Jonatan Christie saat ikut Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di RSON, Cibubur, Jakarta, pada Jumat (12/3/2021). Jonatan Christie, salah satu atlet yang tampak mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap kedua buat insan olahraga. (Foto: Dok. Kemenpora)
Jakarta -

Mulai dari Jonatan Christie sampai Eko Yuli Irawan, ada sebanyak 200 insan olahraga yang melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua pada hari ini. Proses penyuntikan kepada atlet, pelatih, dan tenaga pendukung itu rencananya akan bergulir tiga tahap.

Kemenpora bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan kembali melakukan fasilitasi vaksinasi COVID-19. Kali ini dilaksanakam di RSON, Cibubur, Jakarta, pada Jumat (12/3/2021). Total ada sekitar 7 hingga 8 cabang olahraga (cabor) yang mengikuti vaksinasi ini.

Gatot S. Dewa Broto, Sekretaris Kemenpora, mengatakan penyuntikan vaksin terhadap olahragawan ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dilakukan hari ini, kemudian Senin (15/3) dan Rabu (17/3). Sesmenpora menyampaikan alasan dibaginya tiga sesi tersebut.

Atlet atletik Emilia Nova saat ikut Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di RSON, Cibubur, Jakarta, pada Jumat (12/3/2021).Atlet atletik Emilia Nova saat ikut Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di RSON, Cibubur, Jakarta, pada Jumat (12/3/2021). Foto: Dok. Kemenpora

"Hari ini adalah tahap kedua dari vaksinasi untuk atlet, pelatih, dan tenaga pendukung. Pelaksanaan tidak dilakukan satu hari penuh ini. Dibagi menjadi tiga, yaitu hari ini, Senin, dan Rabu. Kenapa dibagi, karena memang tak cukup dan jadwal sudah dikirim ke cabor Selasa lalu dan tidak ada kendala," kata Gatot dalam keterangan resminya.

"Hari ini sekitar 200 orang. Mungkin, Senin sekitar 300 (orang), dan Rabu sisanya. Sejauh ini proses berjalan lancar dan tidak ada kendala," Gatot mengungkapkan.

Sejumlah atlet pun telah tiba di rumah sakit olahraga itu sejak pagi tadi. Tampak rombongan atlet pelatnas PBSI seperti Mohamad Ahsan, Hendra Setiawan, Jonatan Christie, hingga Marcus Fernaldi Gideon hadir. Kemudian dari atletik ada Emilia Nova serta Eko Yuli Irawan atlet senior angkat besi.

Atlet angkat besi Eko Yuli Irawan saat ikut Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di RSON, Cibubur, Jakarta, pada Jumat (12/3/2021).Atlet angkat besi Eko Yuli Irawan saat ikut Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di RSON, Cibubur, Jakarta, pada Jumat (12/3/2021). Foto: Dok. Kemenpora

Sebelum vaksinasi tahap kedua dilakukan, Kemenpora juga telah memfasilitasi sekitar 800-an insan olahraga menjalani vaksinasi tahap pertama di Istora GBK, pada 26 Februari lalu.

Adapun mereka yang masuk prioritas mendapat vaksinasi dari pemerintah karena kebutuhan untuk melakoni turnamen-turnamen internasional serta kualifikasi Olimpiade lainnya. Seperti bulutangkis yang akan bertolak ke Birmingham, Inggris, untuk menjalani turnamen All England mulai 17-21 Maret mendatang.

Selain bulutangkis ada rombongan Timnas sepakbola, wushu, hingga basket, serta atlet-atlet National Paralympic Committe (NPC). Saat itu, proses pemberian vaksinasi tahap pertama kepada para atlet dihadiri para pejabat tinggi. Mulai Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menpora Zainudin Amali, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari serta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman.

Simak juga 'Momen Jokowi Tinjau Vaksinasi Corona Tokoh Lintas Agama di Semarang':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com