Kakak Kandung Aprilio Perkasa Manganang Juga Akan Ganti Identitas

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 20 Mar 2021 02:00 WIB
Pengadilan Negeri Tondano menggelar sidang perdata penetapan perubahan nama dan status jenis kelamin terhadap Serda Aprilia Santini Manganang. Sidang secara virtual itu juga dihadiri oleh Amasya Manganang, kakak dari Serda Aprilia Santini Manganang.
Kakak Aprilio Perkasa Manganang, Amasya Manganang, juga akan ganti identitas. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Usai Aprilio Perkasa Manganang, kini giliran kakak kandungnya, Amasya Manganang yang bakal mengubah identitasnya kelaminnya menjadi laki-laki. Proses tinggal menunggu jadwal operasi.

Amasya yang memastikan langsung kondisinya usai mendampingi sang adik, Aprilio, menjalani sidang pergantian nama dari semula Aprilia Santini Manganang melalui daring dengan Pengadilan Negeri Tandano, Jumat (19/3/2021).

"Rencananya ada dan sudah melakukan pengecekan medis juga pemeriksaan seluruh badan sejak Selasa (16/3) hingga Kamis (18/3) oleh tim dokter ahli. Cuma untuk hasil pemeriksaannya saya belum tahu. Tapi apapun hasilnya harus dijalani," kata Amasya kepada pewarta di Mabes TNI AD, Veteran, Jakarta.

Amasya menjelaskan pemeriksaan medis yang dilakukan tim dokter mirip dengan proses yang dilakoni Aprilio Perkasa Manganang saat di RSPAD Gatot Subroto. Mulai dengan perkenalan dan pemeriksaan awal. Sejauh ini, ia mengaku sudah siap dengan operasi yang dilakukan.

"Kebetulan April sendiri yang menceritakan prosesnya kepada saya. Ya, saya cuma berpikir bakal melewati yang sama juga jadi tinggal menyiapkan mental saja," ujarnya.

Kendati sudah tinggal menunggu waktu operasi, Amasya mengatakan belum menyiapkan nama pengganti untuknya. Ia ingin fokus pada proses yang akan dijalani dalam waktu dekat dulu.

Tak hanya itu, eks atlet voli berusia 31 tahun ini juga tak ingin jauh memikirkan karier yang sama dengan Aprilio, yang saat ini berpangkat Sersan Dua TNI AD.

"Usia saya sudah tua (soal kemungkinkam ditawarkan menjadi prajurit TNI). Kayaknya yang tentara April saja, saya support saja. Saya juga sudah bekerja di Kalimantan, tapi karena April sudah tinggal di sini (Jakarta) dan orang tua cuma berdua, sepertinya saya kembali ke Manado," Amasya menjelaskan.

"Kebetulan saya juga sudah mengambil lisensi pelatih level C (sejak dua tahun lalu) dan saya punya cita-cita agar anak-anak daerah bisa menjadi pemain voli yang bagus," kata eks klub Popsivo ini.



Simak Video "Top 5: Jokowi Desak Kekerasan di Myanmar Dihentikan-Ucapan HRS Dinilai Hasutan "
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)